PENYAIR ASIA TENGGARA SYARIFUDDIN ARIFIN AKAN HADIR DI HPN 2022 KENDARI UNTUK MEMBACA SAJAK ' PINTU LANGIT'

 

Padang, Sinkron.com-- Penyair Asia Tenggara Syarifuddin Arifin yang juga wartawan akan membacakan sajaknya pada Peluncuran buku puisi Pintu Langit, yang berisi sejumlah sajak karya wartawan se Indonesia pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN)  7-9 Feb 2022 di Kendari, Sulteng.

Syarifuddin Arifin, ketika ditemui di lobby Inna Muara Hotel, Jumat, 4/2 siang menyebutkan ada 5 wartawan asal Sumbar yang menulis puisi tentang wacana penguatan mengatasi pandemi Covid-19. Ke limanya ialah; Syarifuddin Arifin, Alwi Karmena, Sawir Pribadi, Asril Koto dan Novrialdi Novi Sastra. Ini bukti bahwa wartawan tidak hanya menulis berita, tetapi juga menyusup ke jalur sastra seperti puisi.

"Tidak semua peristiwa layak berita, sementara harus diinformasikan secara halus melalui metafora," kata Syarifuddin Arifin yang sering ke Malaysia, Thailand dan Singapura ini pula.

Peraih Anugerah Puisi Dunia 2014 dari Numera Malaysia ini telah menerbitkan sedikitnya 4 buku puisi tunggal dan ratusan antologi bersama terbitan Malaysia, Singapura dan Indonesia, beberapa di antaranya telah diterjemahkan ke bahasa Inggris, Rusia, Perancis dan Spanyol.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar. Heranof Firdaus cukup bangga dengan wartawan penyair yang bertaraf international ini. Menjawab pertanyaan kenapa hanya Syarifuddin Arifin dari 5 wartawan lainnya yang direkomendasi, dikatakan itu bukan rekomendasi PWI Sumbar, tetapi karena kualitasnya yang dinilai Panitia Pusat HPN, melalui editor buku tersebut.

"Kita harus bangga pada Syarifuddin Arifin, anggota PWI Sumbar yang mampu mengepakkan sayapnya ke manca negara," tukuk Heranof dan menyebut Syarifuddin Arifin anggota PWI Seumur hidup yang kini aktif di Tabloid/ portal Editor.( Chz).

Post a Comment

0 Comments