Amasrul, SH : Perkuat Kelembagaan PKK dan Tingkatkan Kemampuan Kader


        Kadis PMD Sumbar Ajak Kader PKK Sinergis          dengan Program Pemerintah

Padang, singkron.com -- Kader PKK harus terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dirinya, sehingga benar-benar menjadi kader yang dapat diandalkan, sehingga mampu melaksanakan 10 program pokok PKK dengan maksimal di tengah-tengah masyarakat.

Harapan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH ketika membuka Peningkatan Kapasitas Kader PKK Angkatan I Tahun 2022 di Rocky Plaza Hotel Padang, Senin 28 Maret 2022.

Beberapa kiat yang disarankan Kadis Amasrul adalah agar PKK di desa, kelurahan dan nagari memperkuat kelembagaan, manajemennya sehingga kinerjanya dapat terukur. Kemudian PKK harus proaktif mengembangkan jaringan kemitraan yang strategis dengan instansi pemerintah dan lembaga kemasyarakatan, sehingga program PKK senantiasa sejalan dengan program yang dicanangkan pemerintah.

"Mari terus tingkatkan kemampuan, kualitas pengetahuan dan keterampilan segenap jajaran PKK di desa, nagari dan kelurahan sehingga kader PKK mampu mengembangkan kesejahteraan keluarga di tengah masyarakatnya," kata Kadis Amasrul, SH., yang juga mantan Sekda Kota Padang ini.

Kemudian, sesuai dengan Perpres No.72/2021 tentang Percepatan Penurunan Angka Stunting, dimana PKK bersama kader dasawisma merupakan Tim Percepatan Penurunan Angka Stunting di desa, kelurahan dan nagari, maka tentu saja peran kader-kader PKK menjadi sangat penting kedepannya. Apalagi Sumbar sudah menargetkan penurunan angka prevalensi stunting 11 persen pada tahun 2024, dimana target ini di atas angka target nasional sebesar 14 persen.

Menurut Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., peran kader PKK ini lewat program-programnya sejalan pula dengan visi misi Gubernur -Wakil Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy 2021-2026 yaitu empat program unggulannya yaitu Sumbar sehat dan cerdas, Sumbar religius dan berbudaya, Sumbar sejahtera dan Sumbar berkeadilan.

Peserta Peningkatan Kapasitas Kader PKK Angkatan I/2022 ini adalah PKK Kelurahan, Kader PKK, dan aparatur yang membidangi PKK, yang seluruhnya berasal dari Kota Padang. Mereka akan mengikuti kegiatan selama tiga hari, 28-30 Maret 2022.

Nara sumber yang tampil memberikan materi adalah Anggota DPRD Sumbar, Tim Penggerak PKK Sumbar, BKKBN Perwakilan Sumbar, Dinas PMD Sumbar dan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP.

Ketua Panitia Peningkatan Kapasitas ini adalah Plt Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Chintia Dewi Putri, S.Ikom.,M.Ikom yang dibantu Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Drs. Akral, MM dan Retta Tessia, SE. (Chan)

Post a Comment

0 Comments