Dinas PMD Sumbar Selenggarakan Bimtek Menciptakan Entrepreneur Millenial di Nagari dan Desa

 

Padang, singkron.com -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar diwakili Kabid UEM dan KP Mahdianur, SE.MM membuka secara resmi Bimbingan Teknis Peningkatan Entrepreneur Millenial Nagari dan Desa yang diikuti 75 generasi muda yang berasal dari Kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto, bertempat Hotel Grand Zuri Padang, Minggu (29/5/2022).

Menurut Mahdianur, SE.MM., tujuan Bimtek ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan generasi millenial di nagari/desa, sehingga tercipta kekuatan entrepreneur yang bisa mendukung pengembangan unit usaha yang ada di Bumnag dan Bumdes.

Kita tahu, akibat Covid-19 dimana banyak usaha rontok karena kehilangan pasar, maka diperlukan upaya ekstra untuk bisa bangkit kembali. Salah satu penggerak kebangkitan ekonomi pasca Covid-19 memang dibutuhkan sosok entrepreneur, yang penuh inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan usaha yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar.

Dikatakan Kabid UEM dan KP Mahdianur, kita sekarang berada pada era globalisasi. Artinya masa yang telah mendunia, mau-tidak mau, suka-tidak suka kita secara langsung kita telah harus bersaing dengan berbagai pihak di seluruh dunia. “Proses kehidupan yang serba luas dan tidak terbatas (mendunia) yang disebut revolusi industri 4.0 dan sekarang menuju 5.0 yang telah mambawa pengaruh dalam mengubah tatanan kehidupan bangsa seperti di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan Iptek. Salah satu ciri dari kehidupan global itu adalah kemampuan kreatifitas masyarakat dituntut berbasis internet,” ujar Mahdianur.

Untuk membentuk seorang entrepreneur di nagari/desa tersebut, diharapkan Bimbingan Teknis ini merupakan salah satu langkah strategis, sehingga nanti generasi millenial dapat menjadi wirausaha muda di nagari/desa nya masing-masing. Dalam Bimtek ini diberikan satu contoh usaha yang bisa dikembangkan yang dapat mendatangkan keuntungan yang baik adalah mendirikan budidaya dan pengelolaan durian.

Diharapkan melalui Bimtek Peningkatan Entrepreneur Millenial Nagari dan Desa ini membuka wawasan dan membangkitkan jiwa entrepreneur peserta, yang nantinya bisa dilanjutkan secara teknis oleh dinas dan instansi terkait di Provinsi Sumatera Barat. Sehingga usaha yang dirintis para entrepreneur  ini menjadi unit usaha dari  Badan Usaha Milik Desa/Nagari di daerahnya kita masing-masing. 

Bimtek yang berlangsung selama tiga hari, 29-31 Mei 2022 ini menampilkan sejumlah pemateri yaitu Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., Anggota DPRD Sumbar H. Taufik Syahrial, SH Dt. Rajo Bagampo, Rektor Universitas Taman Siswa Sepris Yonaldi, Se.MM., Kabid UEM dan KP Dinas PMD Sumbar  Mahdianur, SE.MM., TAPM Wilayah Sumbar Adi Turyanto, TPSM Enrepreneur Muhmmad Irfan, SE.M.Si., Praktisi Pengusaha Durian Warli Anjung, Konsultan Ahli PMD Suharyono, SE.M.Si., dan JFT Ahli Madya Dinas PMD Sumbar Martias Ricardo, ST.

Kegiatan Bimtek ini juga sejalan dengan visi “Sumatera Barat yang Madani dan Sejahtera” yaitu misi keempat meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis kerakyatan yang tangguh, produktif, dan berdaya saing regional dan global, dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembangunan daerah. Dalam merealisasikan misi keempat tersebut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mendukung program unggulan yaitu terciptanya 100.000 entrepreneur dari berbagai sektor. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments