Suku Koto Provinsi Riau Dilantik, Gubernur Harapkan Jadi Pelopor Pelestarian Budaya Minang

 

Pekanbaru,singkron.com -- Gubernur Sumbar yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah mengharapkan agar Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) Provinsi Riau menjadi wadah berkumpulnya perantau Minangkabau dari Suku Koto khususnya dan menjadi pelopor pelestarian Adat Minangkabau di perantauan.

Harapan itu disampaikan Syafrizal Ucok dalam sambutannya ketika Pelantikan dan Pengukuhan PPSKS Provinsi Riau di Hotel Resti Menara, Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru, Riau, Minggu (12/6/2022) pagi.

Menurut Syafrizal Ucok, dengan adanya media sosial dengan segala aplikasi yang ada, dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengenalkan Suku Koto, dan sosialisasi tentang budaya Minangkabau dengan segala keluhuran nilai-nilainya.

Syafrizal Ucok juga menyampaikan selamat atas Pelantikan dan Pengukuhan PPSKS Provinsi Riau, kiranya organisasi PPSKS ini hendaknya dapat bermanfaat kepada anggotanya, tidak saja dibidang sosial, tetapi juga dibidang ekonomi dan kesejahteraan. Apalagi di perantauan, anggota PPSKS dapat saling bahu membahu mengangkat harkat dan martabat dunsanak yang sedang berusaha.

Karena tahun 2023 hingga 2024 mendatang adalah tahun politik, maka diharapkan kepada organisasi PPSKS hendaknya bijak menghadapi hal itu. "Lebih baik PPSKS fokus pada bidang sosial, budaya dan ekonomi saja, masalah politik diserahkan kepada masing-masing anggota saja," kata Staf Ahli Syafrizal Ucok, yang juga mantan Wabup Pesisir Selatan periode 2005-2010.

Dewan Pengurus Wilayah PPSKS Provinsi Riau periode 2022-2027 yang dilantik dan dikukuhkan adalah Eri Zulfian, S.Pt., SH.MM sebagai Ketua dan Zulkifli, S.Kom sebagai Sekretaris. Kepengurusan ini dilengkapi dengan wakil dan bidang-bidang, yang dikukuhkan oleh Datuak Katumangguangan sebagai Payung Panji Suku Koto.

Dalam acara yang sarat dengan budaya Minangkabau ini, hadir Gubernur Riau diwakili Asisten Joni Irwan, Ketua Umum LKAAM Sumbar Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati yang pada kesempatan ini dikukuhkan pula sebagai Ketua Suku Koto Saiyo Nasional. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments