Nagari Koto Rantang Juara Favorit Lomba Posyantek Tingkat Nasional Tahun 2022

 

Cirebon, singkron.com -- Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Raflesia Jaya Bersama di Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam berhasil mengharumkan nama Sumbar dengan meraih Juara Favorit Kategori Posyantek Berprestasi tingkat nasional tahun 2022

Atas prestasi itu, pimpinan Posyantek Raflesia Jaya Bersama menerima langsung Tropi dan Piagam Penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdullah Halim Iskandar dalam Gelar TTG Nasional XXIII di Cirebon, Rabu (19/10/2022).

Hadir mendampingi pemenang Gubernur Sumbar yang diwakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM., Kadis PMN Agam dan Kabid SDA dan TTG DPMD Sumbar Vera Irawati, ST.MM.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdullah Halim Iskandar mengatakan, dengan adanya penggunaan teknologi tepat guna di desa-desa telah berhasil meningkatkan produktifitas pada sektor pertanian, perikanan dan peternakan.

"Teknologi tepat guna menjadi variabel penting bagi meningkatkan produktifitas warga desa. Karenanya teknologi tepat guna mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," kata Menteri Abdullah Halim Iskandar.

Atas prestasi yang diraih Posyantek Raflesia Jaya Bersama, Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH mengucap selamat. Ini membuktikan bahwa inovasi masyarakat di nagari Sumbar mampu bersaing di tingkat nasional. 

"Prestasi yang diraih oleh Posyantek Raflesia Jaya Bersama hendaknya menjadi motivasi bagi desa dan nagari lainnya untuk melakukan inovasi, sehingga berprestasi pula di masa yang akan datang," kata Kadis Amasrul, SH. 

Menurut Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., berhasilnya Posyantek Raflesia Jaya Bersama tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh Wali Nagari, Kadis PMD Agam, Bupati Agam dan Dinas PMD Sumbar yang menilai Posyantek Raflesia Jaya Bersama sekaligus memberikan pembinaan untuk mengikuti lomba di tingkat nasional. 

Rasa syukur juga diungkapkan Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM. yang langsung menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Posyantek Raflesia Jaya Bersama. "Duta Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh ini telah mengharumkan nama Sumbar dan Kabupaten Agam khususnya," kata Bupati Andri Warman. 

Posyantek Raflesia Jaya Bersama menjadi satu-satunya perwakilan Sumatera Barat dalam gelaran TTG Nasional XXIII dengan inovasinya menciptakan 12 alat serta sudah dimanfaatkan oleh 311 orang masyarakat yang bermata pencarian di sektor pertanian di Nagari Koto Rantang. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments