TMMD ke-115 Padang Pariaman Ditutup, Danrem 032/WBR : Operasi Bhakti TNI Mempertahankan Semangat Gotong Royong

Kayu Tanam, singkron.com -- Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 yang dilaksanakan di Nagari Kayu Tanam dan Nagari Anduriang Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, resmi berakhir dan ditutup oleh Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto di Lapangan INS Kayu Tanam pada Rabu (09/11/2022).

Upacara penutupan TMMD tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto dan didampingi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Forkopimda Sumbar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar diwakili Sekretaris Amriman, S.Pd.MM., Sekda Padang Pariaman Rudy Rilis, Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman, Ketua TP-PKK Yusrita Suhatgri Bur, Camat, Wali Nagari, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat.

Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto yang juga bertindak sebagai inspektur upacara ini mengungkapkan, TMMD merupakan bagian dari operasi bhakti TNI. Hal tersebut diwujudkan untuk membantu pemerintah daerah dalam memperbaiki infrastruktur dan akselerasi program pemerintah yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu TMMD juga sekaligus mempertahankan semangat gotong royong yang ada di masyarakat.

“Kami berharap hasil fisik maupun non fisik yang telah dibangun melalui program TMMD ke-115 ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam kurun waktu yang lama,” ungkap Danrem 032 Wirabraja.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingggi-tingginya kepada prajurit TNI dan seluruh komponen masyarakat atas partisipasi yang diberikan dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan TMMD ke-115 di Nagari Anduriang dan Nagari Kayu Tanam. “Berkat kerja sama dan koordinasi yang intensif antar sesama komponen masyarakat, prajurit TNI dan pemerintah, semua program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik,” ungkap Rahmang.

Wadansatgas TMMD ke-115 Tahun 2022 Darius mengungkapkan, pelaksanaan program TMMD di wilayah Kodim 0308 Pariaman sudah terlaksana 100% dan berharap hasilnya dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. “Sasaran kegiatan yang diselenggarakan baik kegiatan fisik maupun non fisik dapat dilaksanakan dan diselesaikan tepat pada waktunya,” tuturnya.

Adapun sasaran fisik yang dicapai adalah berupa pembukaan jalan sepanjang 2.500 meter x 8 meter, pemasangan mortar sepanjang 200 meter, pemasangan gorong-gorong sebanyak 100 cm di 5 titik, dan pemasangan gorong-gorong 60 cm sebanyak 4 titik. Selain itu, juga dilakukan rehab rumah tidak layak huni sebanyak 7 unit dan pembuatan MCK Mushalla sebanyak 1 unit.

Disamping itu, berbagai kegiatan non fisik juga telah dilaksanakan dalam mengiringi kegiatan fisik, yakni berupa penyuluhan, sosialisasi bela negara, pemberian bibit ikan, pelayanan kependudukan, dan pelayanan pustaka keliling.

Sementara itu Kadis PMD Sumbar yang diwakili Sekretaris Amriman, S.Pd.MM mengatakan bahwa Pemprov Sumbar setiap tahun komit mendukung pelaksanaan TMMD di kabupaten/kota yang telah ditetapkan sebagai lokasi. Tahun 2022 ini ada dua lokasi TMMD ke-115, yaitu di Nagari Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dan Nagari Anduriang dan Nagari Kayu tanam, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

"Karena sudah terprogram setiap tahun, maka OPD Pemprov Sumbar yang dikoordinasikan oleh Dinas PMD selalu membantu dengan berbagai programnya di lokasi TMMD, termasuk adanya penyerahan bantuan bibit tanaman dan bibit ikan kepada masyarakat," kata Amriman, S.Pd.MM.

Menurut Sekretaris Dinas PMD ini, dengan adanya hasil TMMD ke-115 berupa pembukaan jalan baru, sangat membantu perekonomian masyarakat terutama dalam membawa hasil pertanian dan hasil hutan ketempat pemasaran. Tentunya kemudahan akses di nagari ini akan berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat di lokasi TTMD. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments