Dinilai Putra Terbaik, Bundo Kanduang Painan Dukung Syafrizal Ucok ke DPRD Sumbar

Painan, singkron.com --Bundo Kanduang dari 17 kaum dalam Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan sepakat bulat ingin mengantarkan Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah sebagai Anggota DPRD Sumbar dalam Pemilu 2024 mendatang.

Kesepakatan dukungan Bundo Kanduang kepada Syafrizal Ucok yang sehari-hari Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) itu, diungkapkan dalam pertemuan yang dipimpin Ketua Bundo Kanduang Nagari Painan Hj. Moesni Udin, S.Pd., Sabtu (21/1/2023) pagi.

"Cincin banamo ganto suri, rancak tapasang di salo jari, iko bana nan kito cari, nan sasuai jo kandak hati," kata Hj. Moesni Udin menyatakan dukungan kepada Syafrizal Ucok dengan sebait pantun, yang disambut aplaus oleh hampir 40 orang Bundo Kanduang yang hadir.

Menurut Hj Moesni Udin, sosok Syafrizal Ucok pantas didukung sebagai Anggota DPRD Sumbar karena perhatiannya yang tinggi terhadap masyarakat adat selama ini, tentunya juga kepada Bundo Kanduang. Diharapkan dengan menjadi wakil rakyat, perhatian itu makin ditingkatkan dengan bantuan dalam bentuk program-program kegiatan di bidang adat dan pemberdayaan masyarakat.

"Harok bana kami Pak Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah bisa jadi Anggota DPRD Sumbar, kami akan perjuangkan. Kami harapkan pulo ibu-ibu Bundo Kanduang di Pesisir Selatan bertekad sama pula dengan kami di Nagari Painan, kita perjuangkan tokoh adat menjadi Anggota DPRD Sumbar sehingga menjadi wakil masyarakat Pesisir Selatan," kata Hj Moesni Udin.

Syafrizal Ucok Dt. Nan Batuah terharu mendapatkan dukungan bulat dari ibu-ibu Bundo Kanduang Nagari Painan, dan menjadi energi untuk berjuang ke DPRD Sumbar. "Terima kasih Bundo Bundo yang ikhlas mendukung, semoga Allah SWT meridhoi langkah kita," kata Syafrizal Ucok, yang juga Wabup Pesisir Selatan 2005-2010.

Syafrizal Ucok yang baru saja pensiun dari ASN, akan maju ke DPRD Sumbar pada Pemilu 2024 mendatang dari Dapil Pesisir Selatan dan Mentawai, diusung oleh Partai Golkar. "Saya maju sebagai Anggota DPRD Sumbar untuk mengabdi kepada Pesisir Selatan dan Mentawai, berjuang untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat," kata Ketua KAN Painan Syafrizal Ucok, yang didampingi Wakil Ketua KAN Painan Harwal Nurdin Dt. Rajo Johan dan Sekretaris KAN Painan Asril Zakaria Rajo Mudo.

Bundo Kanduang di Nagari Painan terdiri dari lima suku, yaitu Melayu, Jambak, Panai, Chaniago dan Tanjuang. Masing-masing suku memiliki beberapa kaum yang dipimpin oleh penghulu kaum. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments