Gubernur Boyong Kepala OPD ke Situjuah Batua, Amasrul : Nagari Perjuangan Harus Berbenah

Limapuluh Kota, singkron.com -- Dalam peringatan Peristiwa Situjuah ke-74 di Lapangan Chatib Sulaiman, Nagari Situjuah Batua, Kec. Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (15/1/2023), Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi memboyong seluruh Kepala OPD Pemprov untuk mengikuti rangkaian upacara.

Dalam arahannya Gubernur Mahyeldi mengatakan bahwa Peringatan Peristiwa Situjuah harus bisa dijadikan inspirasi dan motivasi, agar kita semua melanjutkan perjuangan para pahlawan, dengan mengisi pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

"Kepala OPD tolong agar dicatat peristiwa bersejarah, agar pada tanggal itu dilaksanakan upacara, peringatan dan kegiatan yang melibatkan banyak pihak, ini tujuannya agar semangat perjuangan itu diwariskan kepada generasi muda," kata Buya Mahyeldi.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH menyambut sangat positif perintah Gubernur Sumbar itu, dan akan menindaklanjuti pada masa kedepannya.

Menurut Amasrul, pemahaman akan sejarah perjuangan harus terus digelorakan kepada generasi muda, terutama sejarah perjuangan masyarakat Sumbar seperti Peristiwa Situjuah Batua, Perang Kamang, Perjuangan Bagindo Aziz Chan, Perjuangan Siti Manggopoh, dan lain-lain.

"Kita minta nagari-nagari dan desa yang menjadi lokasi dari perjuangan para pahlawan itu juga melakukan kegiatan dalam menghidupkan semangat perjuangan itu, bisa masuk dalam program pemberdayaan masyarakat nagari atau desa," kata Kadis Amasrul, SH., mantan Sekda Kota Padang ini.

Jadi, nagari yang menjadi lokasi perjuangan harus berbenah dan siap dikunjungi oleh masyarakat. Karena itu harus dilengkapi dengan prasasti, bahan literasi, spot untuk berfoto, dan fasilitas kuliner dan oleh-oleh yang bisa mendatangkan nilai ekonomi. "Nagari Situjuah Batua sudah memulai dan terus tingkatkan, harus diikuti dengan nagari lain seperti Kamang, Manggopoh, Sawahlunto dan Kota Padang sendiri," kata Amasrul, SH.

Selain Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., jajaran DPMD juga ikut dalam Peringatan Peristiwa Situjuah Batua ke-74 ini, antara lain Sekretaris DPMD Amriman, S.Pd.MM., Kasubag Umkep Adi Pondra, S.Pd., Pratama Winia, S.STP.MM., dan Muslim.

Seusai peringatan Peristiwa Situjuah ke-74 di lapangan Chatib Sulaiman, dilanjutkan dengan Tabur Bunga di tiga tempat. Gubernur Buya Mahyeldi memimpin Tabur Bunga di Lurah Kincia Situjuah Batua, Danlantamal II Padang Laksma Benny Febri memimpin Tabur Bunga di Situjuah Banda Dalam, dan Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf memimpin Tabur Bunga di Situjuah Gadang.

Hadir dalam Peringatan Peristiwa Situjuah ke-74 ini selain Gubernur, adalah Forkopimda, Sekda Sumbar Hansastri, Wakil Ketua DPRD Irsyad Syafar, Kepala OPD Pemprov Sumbar, Bupati Limapuluh Kota Safarudin, Wako Payakumbuh Rida Ananda, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Bupati Dharmasraya Sutan Riska,  mantan Wako Payakumbuh Riza Falepi, Tokoh Masyarakat dan para penerima Piagam Penghargaan dari Gubernur Sumbar. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments