Gubernur Buka Sosialisasi PP No.11/2O21, Bumnag Motor Penggerak Ekonomi Nagari

Padang, sungkron.com -- Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah membuka Sosialisasi PP Nomor 11 Tahun 2021 dan Permendes nomor 3 Tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pembinaan, Pengembangan dan Pengadaan Barang BUMNag di The Axana Hotel Padang, Selasa (21/2/2023) malam.

Hadir dalam pembukaan ini Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Nara Sumber Rektor Unitas Septri Yonaldi, SE.MM., Sekretaris DPMD Amriman, S.Pd.MM., Kabid UEM KP DPMD Mahdianur, SE.MM., Pimpinan Bank Nagari, Pendamping Desa Provinsi, 140 Pengurus Bumnag dan ASN PMD dari Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) mestinya menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat di tingkat nagari, hal itu diyakini Gubernur karena aturan terkait pelaksanaan teknisnya sudah terbit semenjak tahun 2021 yang lalu, dimana Pemerintahan Nagari tinggal mempedomani.

"BUMNag, seharusnya bisa membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, menjadi lebih sejahtera. Aturannya ada dan jelas, modalnya ada dari Dana Desa, tinggal diterapkan dengan baik oleh manajemen Bumnag di nagari," ucap Buya Mahyeldi.

Selanjutnya, Buya Mahyeldi menjelaskan bahwa sesuai dengan regulasi yang ada, tujuan dasar dari pembangunan nagari adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat serta pengembangan potensi ekonomi lokal yang berkelanjutan. Maka dari itu Gubernur menghimbau, agar dalam pendirian BUMNag harus mengacu kepada semangat tersebut.

"Produk dari BUMNag itu harus betul-betul dibutuhkan, harus terencana agar bisa menjadi solusi bagi masyarakat dan berkelanjutan, jangan sampai keliru dan jangan pula usaha-usaha Bumnag justru mematikan usaha yang sudah dirintis oleh masyarakat di nagari," tegas Buya Mahyeldi.

Selanjutnya dalam kesempatan acara ini Buya Mahyeldi juga menyerahkan apresiasi Duta Bumdes dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) kepada 3 BUMNag, perwakilan dari Pemprov Sumbar yang telah berhasil menjadi Juara di Tingkat Nasional, yaitu;

1. BUMNag Madani Lubuk Malako, Nagari Lubuk Malako, Kabupaten Solok Selatan terpilih menjadi Pemenang pada Kategori BUM Desa Inspiratif dan Bermanfaat tingkat Nasional.

2. BUMNag Bersama Sambilan Nagari, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok terpilih menjadi Pemenang pada Kategori BUM Desa Bersama Inspiratif dan Bermanfaat tingkat Nasional.

3. Hafizur Rahman, Wali Nagari Talang Babungo, Kab. Solok terpilih menjadi DUTA BUM Desa tingkat Nasional dari Unsur Aparatur Pemerintah Desa.

Penghargaan tersebut, sebelumnya telah diumumkan oleh Menteri Desa, PDTT RI pada saat Peringatan Hari BUM Desa pada tanggal 2 Februari 2023 yang lalu, bertempat di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau yang dihadiri oleh Kadis PMD Sumbar.

Buya Mahyeldi menuturkan, penghargaan yang diraih Bumnag ini adalah bukti nyata bahwa BUMNag Provinsi Sumatera Barat mampu bersaing dan menjadi pemenang ditingkat nasional.

"Prestasi ini jangan menjadikan kita jumawa dan cepat berpuas diri, jadikanlah ini sebagai momentum untuk terus berbuat, berbenah dan terus menggali potensi, dengan harapan akan semakin banyak BUMNag di Sumbar yang mampu untuk menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat ditingkat nagari," kata Gubernur Mahyeldi yang didampingi Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments