Ismardi Sutan Mudo Dikukuhkan Jadi Imam Kaum Suku Tanjung

 Ketua KAN Painan Datuak Nan Batuah Kukuhkan Imam Kaum Suku Tanjung 

Painan, sungkron.com. -- Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan, Pesisir Selatan, selalu memelihara tradisi berupa pengukuhan Imam Syarak, dengan sebuah prosesi sakral yang dihadiri seluruh Niniak Mamak pengurus KAN, Penghulu Kaum dan Pucuk Undang yaitu Wali Nagari.

Hari Minggu (16/7/2023) tradisi itu dilakukan lagi, yaitu Pengukuhan Imam Syarak suku Tanjung dibawah payung Datuak Rajo Intan Nagari Painan, yang disandangkan kepada Ismardi Sutan Mudo dengan gelar Imam Ibrahim.

Acara yang digelar di Rumah Gadang Datuak Rajo Intan Nagari Painan itu, dipenuhi oleh seluruh anak kemenakan Suku Tanjung Datuak Rajo Intan dibawah Mamak Kepala Warisnya Ramlan Jam, S.Pd Sutan Mudo.

Prosesi pengukuhan Imam Syarak ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan KAN oleh Sekretaris KAN Suib Imam Mangkudun dan dilanjutkan kata-kata pengukuhan oleh Ketua KAN Painan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah.

 "Pada hari ini Minggu 16 Juli 2023, saya Ketua KAN Painan mengukuhkan dengan resmi Ismardi Sutan Mudo gelar Imam Ibrahim sebagai Imam Kaum Suku Tanjung, yang tegak samo tinggi dan duduk sama rendah dengan Imam Kaum suku lain di Nagari Painan," kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, yang juga Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan. 

Ketua KAN Painan Datuak Nan Batuah langsung memasangkan peci hitam dan salempang kain sarung kepada Ismardi Sutan Mudo gelar Imam Ibrahim sebagai tanda resminya Imam Kaum Suku Tanjung Nagari Painan.

Dalam sambutannya, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengatakan, bahwa seorang Imam Syarak harus memiliki beberapa persyaratan pokok, antara lain berilmu, ikhlas, tanggap, sabar dan tenang, jujur dan adil. 

Imam Kaum menjalankan fungsi-fungsi keagamaan dalam kaum, mulai dari sebagai Imam sholat dan sebagai imam yang mengurus kegiatan keagamaan dalam kaum seperti mendo'a syukuran, mengurus penyelenggaraan jenazah saat kematian anggota kaum, mengurus acara kurban kaum, hingga ziarah pembersihan makam dan lain-lain.

Acara Pengukuhan Imam Kaum Suku Tanjung payung Datuak Rajo Intan Nagari Painan ini diakhiri dengan makan bersama di lantai dua Rumah Gadang Suku Tanjung. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments