TMMN ke-117 Buka Akses Jalan, Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Simarasok

 

Agam, singkron.com -- Gubernur Sumbar diwakili Sekab Agam Dr. H. Edi Busti, M.Si membuka TNI Manunggal Membangun Nagari (TMMN) ke-117 tahun 2023 secara resmi yang dipusatkan di Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Rabu (12/7/2023).

Usai dibacakan sambutan Gubernur oleh Sekda Agam, maka TMMN dibuka dengan pemukulan gong oleh Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl yang didampingi Edi Busti bersama Forkopimda Sumatera Barat dan Forkopimda Kabupaten Agam di lapangan sepakbola Pandam Simarasok, Baso. Hadir mewakili Gubernur adalah Staf Ahli Gubernur drh. Erinaldi, MM., Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar diwakili Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM., PT Semen Padang, Baznas dan Bank Nagari. 

Dalam pidato sambutannya Gubernur Sumbar memberi apresiasi kepada Pemkab Agam dan jajaran TNI yaitu Korem 032/Wirabraja dan Kodim 0304/Agam atas dilaksanakannya TMMN ke-117 di Simarasok, yang nantinya akan membuka akses daerah ke pusat pertumbuhan yang akan berujung pada kesejahteraan masyarakat. 

"TMMN merupakan kegiatan lintas sektor antara TNI dengan Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat lainnya yang disinergikan dan diintegrasikan dengan tujuan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah," kata Gubernur Mahyeldi. 

Program TMMN merupakan upaya untuk memberdayakan nagari dengan sasaran meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik terdiri atas pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) serta pembangunan sasaran fisik terutama pembukaan jalan.

“Diharapkan keterisolasian suatu daerah menuju pusat pertumbuhan dapat dapat dibuka dengan kegiatan TMMN untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Sementara Dandim 0304/Agam, Letkol CZI Renggo Yudi Ariesko menyebutkan, program TMMN ke-117 selama 12 Juli-12 Agustus 2023 adalah pembukaan akses jalan baru yang panjangnya mencapai 3 km. "Kita akan lakukan pengecoran sepanjang 300-400 meter. Diharapkan dengan adanya jalan ini bisa memperlancar arus  transportasi dan sangat bermanfaat untuk masyarakat,” tegasnya. Ok

TMMN ke-117 juga melaksanakan kegiatan rehab RTLH sebanyak 4 unit rumah yang proses pengerjaannya dilakukan oleh prajurit TNI berkolaborasi dengan masyarakat, pemerintah daerah dan pihak lainnya, dengan bantuan Rp12 juta untuk masing-masing rumah dari Pemkab Agam.

Kegiatan TMMN ke-117 yang non-fisik meliputi berbagai program penyuluhan oleh TNI, instansi dan OPD, antara lain penyuluhan bela negara, penyuluhan sadar hukum, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian dan tanaman pangan. 

Kadis PMD Sumbar yang diwakili Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM mengatakan, 

TMMN ke-117 diharapkan akan mencapai hasil maksimal sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema TMMN ke-117 yaitu “Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI- rakyat semakin kuat”.

Pemprov Sumbar, kata Vera Irawati, dalam setiap pelaksanaan TMMN selalu ikut membantu terutama dengan pendampingan dan mengkordinasikan OPD agar terlibat dengan program kegiatan selama TMMN berlangsung.

Setelah upacara peringatan TMMN ke-117 dilakukan penyerahan peralatan kerja kepada prajurit TNI, Polri, Satpol PP dan masyarakat oleh Danrem 032/WBR Rayen Orbersyl, Staf Ahli Gubernur Erinaldi dan Sekda Agam Edi Busti. Dilanjutkan kemudian peninjauan lapangan ke sasaran fisik rumah tidak layak huni. (*)

Post a Comment

0 Comments