Optimis Jadi Terbaik, Kelurahan Kubu Marapalam. Kelurahan Berprestasi 2024 Tingkat Sumbar

        Optimis Jadi Terbaik, Kelurahan Kubue'                Marapalam. Kelurahan Berprestasi 2024                                 Tingkat Sumbar

Padang, singkron.com -- Kelurahan Kubu Marapalam, Kecamatan  Padang Timur,  Kota Padang, resmi dinilai oleh Tim Penilai Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024, Jumat (14/6/2024).

Tim Penilai yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumbar H. Amasrul, SH dan rombongan disambut hangat oleh Penjabat (Pj) Wali  Kota Padang Andree Algamar dengan pemasangan deta dan syal khas Minangkabau.

Juga hadir menyambut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Padang Edi Hasymi, bersama Kabag Tata Pemerintahan Eka Putra Bahari, Camat Padang Timur Diko Eka Putra bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Timur Ny. Ane Diko Eka Putra, serta Lurah dan Ketua TP-PKK se-Kecamatan  Padang Timur.

“Selaku wakil  Kota Padang Padang, kita berharap Kelurahan Kubu Marapalam menjadi yang terbaik di dalam penilaian ini sehingga mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Saya rasa semua indikator penilaian sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Pj Wako Andree Algamar dalam proses penilaian yang dipusatkan di Kantor Kelurahan Kubu Marapalam itu.

Pj Wako pun mengaku optimis setelah melihat kesiapan Kelurahan Kubu Marapalam menyambut Penilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar 2024. Hal itu mengingat cukup banyak hal yang telah dilakukan berupa hasil kolaborasi semua unsur di Kelurahan Kubu Marapalam ini.

“Banyak inovasi yang dilakukan Kubu Marapalam, salah satunya adalah mampu menghadirkan “Palanta Mediasi” yaitu sebagai pusat penyelesaian masalah dalam ranah non birokrasi dan non pidana. Hal ini mampu menarik keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan kehidupan bermasyarakat Kubu Marapalam yang berkualitas,” ujar Andree Algamar.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumbar H. Amasrul menyampaikan apresiasi bagi Kelurahan Kubu Marapalam karena telah berhasil melewati berbagai tahapan penilaian sehingga masuk dalam tiga besar di tingkat Sumatera Barat.

“Kami melakukan penilaian pemaparan dan klarifikasi lapangan sebagai bagian dari crosscheck data di lapangan sehingga Tim Penilai memiliki fakta-fakta yang valid untuk menentukan kelurahan mana yang terbaik untuk Sumatera Barat,” kata Amasrul, SH., yang juga mantan Sekda  Kota Padang Padang.

Amasrul, SH menjelaskan, penilaian kelurahan berprestasi ini sejatinya bertujuan untuk mengevaluasi, menilai dan mendorong semua Nagari/Desa dan Kelurahan di Sumbar untuk mengoptimalkan potensi daerah yang ada demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Lomba ini juga merupakan wadah apresiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam bentuk penghargaan kepada Pemerintah Desa/Nagari dan Kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan Desa/Nagari dan Kelurahan,” kata Amasrul, SH., yang didampingi Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd.,

Tim Penilai Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi Provinsi Sumbar tahun 2024 terdiri dari H. Amasrul, SH sebagai Ketua Tim (Kepala Dinas PMD Sumbar), Drs. H. Aristo Munandar (pamong senior), Desrianto Boy, S.Pd.,M.Si (Kabid Pemnag), Retma Nency, S.STP (PSM-Ahli Muda PMD Sumbar), Drs. Suherman, M.Pd (Disdik Sumbar), Feri Irawan, S.Ag (Korprov Sumbar RMC P3PD), Yuriko Andrea Pangestu (Regional Managemen Consultant P3PD), Djaya Putra Gani, S.IP.,M.Si (Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sumbar), Wiwi Febriani, SKM,. M.Si (Dinas Kesehatan Sumbar), Dra. Hendrawati Roza.,M.Si (TP PKK Sumbar), Muhammad Nazif., S.Sos (PSM-Ahli Muda PMD Sumbar) serta dibantu sekretariat tim Airissandi Vinika, S.Tr.IP dan Yuli Yuswan.

Pada kesempatan penilaian di  Kota Padang Padang ini, Lurah Kubu Marapalam Handriany memaparkan ekspose di hadapan Tim Penilai perihal potensi kelurahan dan inovasi yang telah dibuat di kelurahan yang ia pimpin, yang kemudian dilanjutkan dengan verifikasi oleh tim serta kunjungan lapangan. (Chan)

Post a Comment

0 Comments