Bersama First Machinery, Industri Machine Tools Taiwan Sukses Menggelar Seminart Smart Manufacturing.

JAKARTA, singkron.com (9/12/21)..Di era pasca pandemi, industri manufaktur global menghadapi tantangan serta peluang baru, seperti kendaraan listrik dan sektor energi ramah lingkungan. Sangatlah penting bagi para perusahaan manufaktur untuk mengadopsi teknologi intelligent manufacturing guna mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi dalam beradaptasi terhadap permintaan yang terus berubah. Terlepas dari situasi pandemi covid, pada tanggal 1 dan 2 Desember di Holiday Inn Cikarang, TAITRA memanfaatkan kecanggihan teknologi 360 VR untuk menampilkan smart manufacturing solutions Taiwan dan rahasia dibalik manufaktur nomor satu dan terkemuka di Taiwan. Diorganisir oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan Bureau of Foreign Trade, MOEA serta didukung penuh oleh First Machinery Trade Co (FMTC), seminar Taiwan Smart Manufacturing 2021 sukses digelar di Ballroom, Holiday Inn Hotel, Cikarang, pada 2 Desember 2021.

First Machinery Trade Co (FMTC) dikenal sebagai supplier dan distributor berbagai jenis mesin khususnya mesin Computerize Numeric Control (CNC). First Machinery Trade Co (FMTC) memberikan kualitas terbaik yang mendukung industri otomotif, pertambangan & industri alat berat, industri mold & dies, serta industri kereta api & pesawat terbang. Dengan pengalaman lebih dari 38 tahun dan dukungan penuh serta informasi perkembangan teknologi yang sangat berguna dari TAITRA, First Machinery Trade Co (FMTC) telah menjadi perusahaan yang berkembang dan dapat diandalkan, bahkan menjadi salah satu distributor teratas di Pasar Asia khususnya di Indonesia. Presiden Direktur dari  First Machinery Trade Co (FMTC), Bapak Santosa Iswaratioso mengatakan, “Kondisi pada era pandemi ini memang telah merubah perilaku kita, khususnya didalam dunia permesinan dimana otomatisasi menjadi sangat cepat berkembang. Kami-pun juga tetap berharap bahwa kita tidak berhenti hanya disini saja, kita tetap harus mengupayakan bidang permesinan di Indonesia akan tetap tumbuh, salah satunya melalui acara yang diadakan TAITRA pada hari ini.” Pada seminar kali ini, First Machinery Trade Co (FMTC) mempresentasikan beberapa mesin unggulan dari perusahaan manufaktur ternama di Taiwan, yaitu Ching Hung Machinery & Electric Industrial (CHMER), Lien Chieh Machinery (LCM), dan Hartford Machinery.

Dalam gelaran kali ini, Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA) mengumumkan hasil luar biasa yang dicapai Taiwan Smart Manufacturing yang menarik perhatian pembeli di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Asia Tenggara. Untuk diketahui, dengan keunggulan manufakturing yang baik dan berkualitas, maka para pelaku di bisnis industri akan mendapatkan kemudahan khusus dalam waktu pengiriman, fleksibilitas, penyesuaian, dan kemampuan R&D. Seminar ini merupakan kesempatan yang langka untuk bersama-sama menyaksikan keunggulan dan kepintaran mesin Taiwan yang dapat membantu produsen untuk menghasilkan produk akhir dengan harga yang dapat bersaing dan dapat menciptakan produk yang telah diakui oleh produsen mobil terkemuka di seluruh dunia. “Taiwan bahkan telah memproduksi motor untuk kendaraan listrik milik Tesla, hal ini menunjukkan bahwa mesin Taiwan sangat unggul dan sudah diterima di seluruh dunia” ujar Jack Hsiao selaku Deputy Representative of Taipei Economic and Trade Office di Indonesia. 

Secara keseluruhan, acara ini diadakan untuk berbagi pencapaian terbaru dalam industri mesin manufaktur, yang telah mengintegrasikan teknik manufaktur canggih dengan teknologi informasi dan komunikasi inovatif untuk memberikan solusi total bagi para produsen-produsen produk yang ada di Indonesia. Mengutip dari Jack Hsiao, peran First Machinery Trade Co (FMTC) sangat dibutuhkan oleh produsen mesin Taiwan untuk memasarkan dan menjual mesin-mesin terbaik dari Taiwan, selain itu TAITRA juga memiliki peran penting untuk mempromosikan mesin Taiwan di seluruh Indonesia. 

Salah satu brand yang dipresentasikan dalam seminar ini adalah Ching Hung Machinery & Electric Industrial (CHMER) yang merupakan perusahaan pencetak komponen mesin dalam skala besar sejak tahun 1975 dan berlokasi di area Precision Machinery Innovation Technology Park di kota Taichung. Pada seminar ini, CHMER mengusung seri mesin Intellegent Linear Motor Drive, Wire Cut EDM yang memiliki 5 fitur unggulan, yakni penggerak motor linear dengan performa tinggi. sumber daya I8+, sistem sirkulasi air yang hemat energi, sistem Automatic Wire Threading (AWT), human machine interface & pengaturan mobile melalui aplikasi smartphone.

Brand kedua yang dipresentasikan adalah Lien Chieh Machinery (LCM) yang telah berdiri sejak tahun 1947 oleh Mr. C. L. Wang. LCM memiliki spesialisasi dalam pembuatan berbagai jenis mesin press hidrolik, seperti Metal Forming. Selama lebih dari tujuh puluh tahun LCM telah merancang dan mengembangkan rangkaian mesin press yang canggih dan dapat diandalkan serta dipastikan memiliki karakteristik kinerja tingkat tinggi. 

Terakhir adalah brand dari Hartford Machinery yang merupakan merek terkemuka dunia di bidang industri permesinan CNC yang tentunya selalu mengacu pada sistem manajemen terbaik untuk menyempurnakan pemanfaatan pabrik. 5 (Lima) solusi utama yang ditawarkan Hartford Machinery, ialah Monitor, Plan, Predict, Analysis, dan Connect. Yang pertama adalah solusi Monitor dimana visualisasi secara real time akan memudahkan manajemen pabrik, sehingga dapat mengurangi tenaga kerja hingga 33%. Yang kedua adalah Plan, yang merupakan solusi manajemen produksi cerdas yang memberikan efisiensi dan kualitas tertinggi dari kinerja pabrik, sehingga dapat meningkatkan utilisasi sebesar 15%. Berikutnya ialah Predict, dimana status setiap perangkat mesin dapat ditampilkan secara langsung sehingga dapat meminimalisir downtime serta meningkatkan utilisasi sebesar 20%. Solusi selanjutnya ialah Analysis, yakni penganalisaan data mesin yang efektif yang meningkatkan efisiensi dan produktivitas hingga 20%. Solusi terakhir adalah Connect, yakni dukungan secara online yang meningkatkan efisiensi mesin dan meminimalkan waktu downtime. 

Tentang Taiwan External Trade Development Council (TAITRA)

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) adalah organisasi nirlaba, semi-pemerintahan terdepan yang mendukung promosi perdagangan di Taiwan. Dididirikan pada 1970 untuk membantu mempromposikan perdagangan luar negeri dan disponsori dalam bentuk kerja sama dengan pemerintah, asosiasi industri, dan beberapa organisasi komersial, TAITRA membantu setiap perusahaan dan pabrik di Taiwan dengan cara memperkuat daya saing internasional mereka dan mengatasi secara efektif berbagai tantangan yang mereka hadapi di pasar luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Taiwan Trade Center Jakarta di email jakarta@taitra.org.tw.. (Shanty / Danu )

Post a Comment

0 Comments