Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung Resmikan Obyek Wisata Lubuak Pandakian

 

Sijunjung, Singkron.com.. Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Wakil Bupati Iraddatillah secara bersamaan hadir saat meresmikan obyek wisata Lubuak Pandakian di Nagari Sumpur Kudus Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung, Rabu (22/12/21).

Menurut Bupati Benny Dwifa, Sumpur Kudus mempunyai banyak potensi alam yang dapat dikembangkan jadi obyek wisata yang bagus. Karena itu Bupati sangat mengapresiasi ide kreatif dan inovatif Nagari Sumpur Kudus dan masyarakatnya yang telah turut serta dalam mengembangkan potensi wisata Lubuak Pandakian.

Obyek wisata Lubuk Pandakian menurut Bupati merupakan aset bagi Nagari Sumpur Kudus. Karena itu harus dapat dijaga dengan sebaik- baik mungkin.“Pariwisata diproyeksikan akan menjadi fenomena baru dalam mendukung perekonomian global di masa mendatang. Karena itu apabila obyek wisata itu dikelola dengan baik pasti akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar,” terang Bupati.

Di sisi lain Benny menyebutkan pembangunan kepariwisataan di daerah bukan semata-mata hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga merupakan tanggung jawab bersama. Karena memang pembangunan kepariwisataan sangat perlu mendapat perhatian semua pihak guna menarik minat pengunjung wisata ke daerah kita.

Disebutkannya, Kabupaten Sijunjung sudah memiliki wisata unggulan dengan julukan Geopark Silokek. Namun obyek wisata ini tidak fokus di daerah Silokek saja. Melainkan seluruh objek wisata di Kabupaten Sijunjung sudah tergabung ke dalam geopark ini.

“Untuk itu, mari kita jaga kelestarian alam di sekeliling obyek wisata, sehingga lebih terlihat asri dan alami,” Papar Benny.

Bupati juga berharap kepada pemerintah nagari agar serius dan terus berbenah diri dalam mengembangkan wisata di wilayah masing-masing.

“Semoga wisata-wisata di setiap nagari bergerak semakin maju. Tentunya ini akan berdampak positif pada kehidupan masyarakat melalui peningkatan pendapatannya di sektor ini” tambah Bupati 

Sementara itu Wali Nagari Sumpur Kudus, Syarijal mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati. “Alhamdulillah Pak Bupati dan Pak Wabup selalu bergandengan untuk memajukan Kabupaten Sijunjung. Semoga hubungan ini tetap terjaga baik ke depannya,” ucap Syarijal.

Disebutkannya, objek wisata Lubuak Pandakian terletak di Nagari Sumpur Kudus dengan jarak tempuh dari ibukota kabupaten sekitar 27KM.

“Lokasi ini sudah lama dikunjungi masyarakat lokal. Mudah-mudahan setelah diresmikan Bapak Bupati akan lebih booming lagi di masyarakat luas baik dalam provinsi maupun luar provinsi,” kata Wali nagari tersebut.

Ditambahkannya, objek wisata itu tidak milik pribadi. Siapapun yang ingin berkunjung untuk menikmati alam dan menikmati air terjun di Lubuak Pandakian silahkan datang ke lokasi tersebut.

“Ke depannya kita akan terus berbenah untuk kemajuan objek wisata ini. Dan syukur sekali pada tahun 2022 Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat juga memberikan bantuan sebesar 200 juta,” kata Syarijal. 

Setelah peresmian objek wisata tersebut, Bupati, Wabup dan Kejari Sijunjung melakukan pelepasan benih bibit ikan dan menanam pohon di pinggir kolam. Tidak hanya itu, rombongan Bupati juga berjalan menuju objek air terjun untuk menikmati pemandian di Lubuak Pandakian.

Hadir pula saat itu Kejari Sijunjung Efendri Eka Saputra, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Khamsiardi, Kepala Dinas Parpora Afrineldi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Niham Ulmuluk dan Kepala Dinas Sosial PP dan PA Yofritas. Juga hadir Camat dan Sekcam Sumpur Kudus, Wali Nagari se-Kecamatan Sumpur Kudus serta Niniak Mamak dan Bundo Kanduang. (Ch.***).

Post a Comment

0 Comments