Genjot Pariwisata, Wako Pariaman Sampaikan 6 Jurus Ke Menparekraf.

Jakarta .Singkron.com..Walikota Pariaman  Genius Umar yang merasa bangga karena Desa Wisata Apar, Kota Pariaman raih juara 3 kategori Desa Digital pada ADWI 2021. Banyak berdiskusi dengan Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno, ketika menghadiri pemberian ADWI di Jakarta malam tadi

"Kota Pariaman mempunyai visi sebagai kota tujuan wisata. Karena itu banyak sarana dan pra sarana yang kita bangun di destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman, selain pemanfaatan desa wisata sebagai daya tarik lokal yang menarik bagi wisatawan yang datang," ungkapnya.

Di desa wisata Apar ini, kita memiliki beberapa aktraksi, seperti bermain kano, menelusuri hutan mangrove di tracking mangrove, memberdayakan masyarakat dengan mengolah buah mangrove menjadi minuman dan makanan, serta memberdayakan ekonomi kreatif masyarakat sekitar untuk UKM dan PKL yang ada di lokasi hutan mangrove desa apar ini, dan dikelola oleh BUMDes nya, sehingga hasilnya dapat dinikmati langsung oleh masyarakat, terangya.

Genius juga menjelaskan pada Menteri,   di masa pandemi covid-19 yang masih mewabah saat ini,  pihaknya mempunyai kiat-kiat dalam mengembangkan pariwisata. Ada 6 jurus yang telah dilakukan dalam menggenjot pariwisata yang ada di Kota Pariaman.

"Jurus pertama   penerapan CHSE. CHSE tersebut adalah Clean Liness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keselamatan), dan Environment Sustainability (lingkungan berkelanjutan). Jurus kedua yaitu promosi secara TSM (Terstruktur, Sistematis, Masif). Jurus ketiga yaitu Event Dengan Vitamin 3C Value (creativ, commercial & communication)," ucapnya.

Untuk Jurus keempat yaitu strategi pit stop (maintenance, adaptasi dan inovasi). Jurus kelima yaitu Sinergi dan Kolaborasi dengan Pentahelix Pariwisata, dan jurus yang keenam yaitu doa dan ridho Allah SWT, tuturnya menambahkan.

"Dengan adanya 6 jurus untuk menggenjot pariwisata Kota Pariaman, semua visi misi yang telah ditetapkan, kiranya dapat tercapai. Supaya pariwisata Kota Pariaman ini semakin  maju dan semakin dikenal oleh masyarakat dan salah satunya dengan ADWI 2021 ini. Desa Wisata Apar semakin dikenal oleh seluruh indonesia serta mancanegara, sehingga akan semakin banyak wisatawan yang datang, yang akhirnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," tutupnya. (Ch/J/***)

Post a Comment

0 Comments