Hari Jadi Payakumbuh Ke 51, Riza Falepi Berikan Penghargaan Inovatif

Wali Kota Riza Falepi, menyerahkan penghargaan dalam peringatan Hari Jadi Payakumbuh ke 51,yang berpusat di Gedung Olahraga Muhammad Yamin,Jumat (17/12/21).

Payakumbuh .Singkron.com.. Kota Payakumbuh Dengan usia setengah Abad lebih bukanlah terbilang muda.sudah sepatasnya Kota Payakumbuh tumbuh sebagai kota yang maju baik dalam pemerintahan, pendidikan  dan keselarasan serta memperhatikan masyarakat maupun Aparatur Sipil Negeri (ASN) baik  dilingkungan kepemerintah Kota maupun di luar  kepemerintahan. 

Beranjak dari perhatian itulah Walikota Payakumbuh Riza Falepi menggelar kegiatan bertajuk Anugerah Inovasi Penyelenggara Pemerintah Daerah dalam rangka perayaan hari jadi ke-51 Kota Randang tersebut, Jumat (17/12), di GOR M. Yamin. 

Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan oleh Pemko Payakumbuh pada malam resepsi hari jadi Kota Payakumbuh ke-51 itu, yakni Perangkat Daerah Terinovasi, Kecamatan Terinovasi, dan Puskesmas Terinovasi. 

Penilaian Anugerah tersebut ditetapkan oleh Surat Keputusan Wali Kota Payakumbuh Nomor 065.10/607/Wk-Pyk/2021 dengan sistem penilaian yang merujuk kepada Sistem Indeks Inovasi Nasional Kementerian Dalam Negeri. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemberian Anugerah Inovasi tersebut juga menetapkan nominator untuk ASN terinovasi dan inisiator inovasi yang merupakan supporting terhadap penyelenggaraan inovasi di Pemerintah Kota Payakumbuh.

Di kesempatan itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Payakumbuh Yasrizal mengutarakan. "Untuk OPD, Kecamatan, dan Puskesmas jumlah poin inovasi tertinggi sebagai dasar penilaian utama dan ditambah penetapan bobot nilai ketaatan dan kelengkapan dokumen yang selanjutnya menjadi nilai indek inovasi penyelenggara daerah Kota Payakumbuh" kata Yasrizal. 

"Selanjutnya untuk Kategori ASN terinovasi ditetapkan berdasarkan personality dari jumlah usulan inovasi dan total inovasi yang dibuat oleh ASN Kota Payakumbuh. Sedangkan untuk Inisiator dinilai dari intensitas yang diberikan terhadap pengembangan inovasi  yang diusulkan inovator," tambahnya. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. Ia mengatakan, kegiatan ini di gelar sebagai bentuk pemberian motivasi kepada OPD dan ASN di lingkungan Pemerintahan yang dipimpinnya bersama wakil walikota Erwin Yunaz. 

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memotivasi semangat berinovasi bagi OPD bahkan ASN terhadap penyelenggaraan proses bisnis organisasinya masing-masing, sehingga mampu mendukung program-program Pemerintah Kota Payakumbuh dalam melayani masyarakat" kata Wako Riza. 

Adapun nominator terpilih sebagai berikut;

Kategori Perangkat Daerah Terinovasi pada sub kategori OPD pemuncaknya Dinas Pertanian, kemudian disusul oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Sementara itu pada Sub kategori Kecamatan diraih oleh Kecamatan Payakumbuh Utara, dan pada Sub kategori Puskesmas ada Puskesmas Padang Karambia.

Untuk kategori ASN Terinovator, pemuncaknya Efrianti Harefa dari Dinas Pendidikan, kemudian disusul Robby Hafanos dari Bappeda di posisi kedua, dan eks Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni di posisi ketiga.

Kategori ASN Inisiator Inovasi, pemuncaknya Faisal dari Bappeda, kemudian disusul oleh Dipa Surya Persada dari Disdukcapil, Yuniri Yunirman dari eks Dinas Pertanian, Aldi Kristian dari Kecamatan Payakumbuh Utara, dan Fifella Aziza dari Dinas PUPR.(Ch.***)

Post a Comment

0 Comments