Indonesia Bantai Laos dengan Skor 5-1 Pada Piala AFF 2020

Singapore, Singkron.com - Indonesia berhasil meraih kemenangan melawan Laos dengan skor 5-1 pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapore, Minggu (12/12/21).18.30.Wib.

Sejak awal laga Indonesia bermain agresif. Alhasil, Indonesia berhasil mencetak keunggulan dua gol terlebih dulu lewat Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya.

Gol Asnawi dicetak di menit ke 23 lewat tendangan penalti. Asnawi melepaskan tembakan keras yang sukses mengecoh kiper Laos, Keo Oudone Souvanasangso.

Setelah keunggulan 1.0. Indonesia lalu  meningaktkan ritme permainan dan mampu menambah keunggulan di menit ke 34. Lewat umpan silang Asnawi Mangkualam, yang mengarah ke Irfan Jaya, yang bisa diselesaikan dengan baik oleh Irfan Jaya. gawang Laos bergetar kembali lewat sentuhan ringannya.

Setelah menang 2.0. Ritme per main anak asuhan Shin Tae Yong  sedikit menurun. Kelengahan para pemain Garuda dipengujung babak pertama, kesempatan itu tidak di sia- siakan oleh Timnas laos. Dipergunakan Laos untuk memperkecil skor menjadi 1-2 lewat gol Kydavone Souvanny. Pada menit 41. Lewat serangan balik cepat diakhiri tembakan akurat Kydavone yang tak bisa dibendung oleh Ernando Ari sang benteng terakhir Timnas Indonesia.Skor 2-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Shin Tae Yong menurunkan Elkan Baggott dan Witan Sulaeman untuk menggantikan Rachmat Irianto dan Kushedya Hari Yudo. Untuk menjaga kebugaran Tim.

Ritme permainan mulai bergairah lagi,dengan masuknya Wita Sulaeman, terbukti pada menit ke 51, Dedik Setiawan mencetak gol tetapi gol tersebut dinyatakan tidak sah lantaran bola lebih dulu sudah keluar lapangan saat ditendang oleh Evan Dimas.

Timnas Indonesia atau pasukan Garuda terus meningkatkan permainan dengan terbukti.Gol ketiga akhirnya didapat Timnas Indonesia lewat Witan Sulaeman di menit ke 56. Berkat operan Irfan Jaya di sisi kanan pertahanan Laos. Dengan kejeliannya melihat posisi Witan yang datang membantu serangan.menerobos kepertahan Laos.Irfan Jaya menyodorkan bola yang langsung disambut oleh tembakan kaki kiri Witan. Dengan keras  mendatar bola melesat masuk ke gawang laos.

Kehadiran Witan berdampak positif bagi serangan Indonesia. Witan sempat berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang lawan tetapi tembakannya masih bisa dibendung kiper Laos di menit ke 68.

Indonesia menurunkan Ezra Walian dan Fachruddin Ariyanto untuk menggantikan Dedik Setiawan dan Rizky Ridho.darah segar kini bertambah lagi .

Evan Dimas mendapat peluang mencetak gol di menit ke 75. Tetapi tendangan Evan Dimas masih melenceng dari sasaran.

Tak sia-sia Ezra Walian di masukan di pertenggahan babak 2. Ia membuktikan kepiawaiannya.Mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke 77. Berkat Kerja sama Ricky Kambuaya dengan Witan diakhiri umpan silang Witan. Umpan tersebut diarahkan ke Ezra, disambut dengan sempurna oleh Ezra Walian dengan tendangan keras.skor berubah menjadi 4-1 untuk Timnas Indonesia.

Pada menit ke 80, Fachrudin berhasil menyundul bola masuk ke gawang kaos, Tetapi Fachrudin dianggap melakukan pelanggaran oleh wasit.

Di menit 84, Evan Dimas tak mau ketinggalan Gol kelima untuk Indonesia. Evan Dimas. Kapten Timnas Indonesia ini bisa lepas dari pengawalan bek Laos saat mendapat umpan dari Alfeandra Dewangga. Tanpa kesulitan berarti, Evan Dimas bisa menyelesaikan peluang tersebut menjadi gol.

Indonesia belum juga merasa puas terus berusaha mencari gol tambahan di sisa waktu yang ada, skor 5-1 tetap bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain.  

Indonesia

Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho (Fachrudin Aryanto 68), M. Edo Febriansyah; Rachmat Irianto (Elkan Baggott 46), Evan Dimas, Ricky Kambuaya; Kushedya Hari Yudo (Witan Sulaeman 46), Dedik Setiawan (Ezra Walian 68), Irfan Jaya (Ramai Rumakiek 80)

Laos

Keo Oudone Souvanasangso; Kaham Phetsivilay, Xeedee Pomsavanh, Mitsada Saitalfah, Thipphachanh Inthavong; Phathana Phommathep, Phoutthasay Khochalem, Loungleuang Keophouvong; Kydavone Souvanny, Bounphacan Bounkong,

Reporter.    : Chandra                                  Editor.          :  Charles Zein

Post a Comment

0 Comments