Leader Cafe PT Semen Padang. Kupas Sosok Muhammad Agus Samsuddin

PADANG.Singkron.com.– PT Semen Padang kembali menggelar Leader Cafe.Senin (20/12/21), kali ini Leader Cafe ke XXXIII dengan tema “The End Game” itu, menghadirkan Komisaris Utama PT Semen Padang, Muhammad Agus Samsuddin.

Digelar secara virtual, Leader Cafe tersebut diikuti oleh hampir seribu insan PT Semen Padang dan Semen Indonesia Group.

Muhammad Agus Samsuddin menjabat sebagai Komisaris Utama PT Semen Padang sejak 1 Oktober 2020. Lahir di Magelang, 25 Agustus 1963, Muhammad Agus Samsuddin yang akrab disapa Agus, merupakan kader Muhammadyah yang menjadi Anggota Konsil Kedokteran Indonesia 2020-2025.

Dalam Leader Cafe itu Agus menceritakan pengalamannya,

“Bagi saya ketika menghadapi sesuatu yang sulit, saya tulis kesulitannya. Misalnya orangnya kasar, saya dapat pelajaran sabar yang saya ambil dari orang kasar, kemudian orangnya by pass, kita juga ada dapat pelajaran dari sana. Dan menurut saya, apapun kesulitan yang kita alami harus disikapi positif. Menurut saya, ini adalah best practice yang sederhana,” katanya.

"Sebagai seorang leader atau pemimpin, menurutnya yang paling berat itu adalah konsistensi, karena konsistensi menjadi suatu kritikal bagi dirinya," kata Agus 

“Beberapa orang mengatakan kita harus fleksibel dengan perubahan, tetapi ada prinsip-prinsip dasar yang tidak bisa dilakukan, dan itu membuat kita tetap kuat, ada value yang diperjuangkan. Ketika value tidak ada, maka leadership itu hambar bagi saya,” ujarnya.

Kemudian terkait jabatan sebagai Komisaris Utama PT Semen Padang yang berkolaborasi bersama Komisaris Khairul Jasmi dan Werry Darta Taifur, menurutnya "Ini bisa membantu transformasi PT Semen Padang ke depan," katanya 

Di mana, Khairul Jasmi dengan latar belakang sebagai jurnalis dengan pengalaman yang luar biasa dan Werry Darta Taifur sebagai akademisi yang pernah menjadi sebagai Rektor Unand.

“Kombinasi saya bersama Prof Werry dan Pak Khairul Jasmi ini saya harap bisa menjadi sebuah kekuatan untuk membantu transformasi PT Semen Padang ke depan, karena tugas komisaris itu mengawasi. Saya belajar banyak dengan Pak Khairul Jasmi dan Prof Werry, karena saya berasal dari swasta. Jadi kombinasi ini saya harap betul-betul menjadi sebuah kekuatan dan saling mengisi,” ujarnya.

 Werry Darta taifur

Komisaris PT Semen Padang Werry Darta Taifur, mengatakan bahwa Agus merupakan seorang leader yang selalu membuka ruang untuk berkomunikasi, baik secara personal maupun dalam hal pekerjaan.

Namun begitu, ia berharap agar Agus yang merupakan eksekutif dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di perusahaan swasta asing, dapat memperkenalkan budaya-budaya di perusahaan asing ke PT Semen Padang.

“Artinya, virus-virus kebaikan di perusahaan asing selama ini dapat ditularkan di PT Semen Padang, supaya bisa menjadi motivasi bagi insan perusahaan PT Semen Padang,” kata Werry

Khairul Jasmi

Hal yang sama juga disampaikan Komisaris Khairul Jasmi. Kata dia, Agus merupakan sosok leader profesional yang memiliki komunikasi yang baik, humanis, tajam melihat persoalan-persoalan yang tumbuh di tengah perseroan dan bisa mencarikan solusi.

“Saya berharap, ke depan kita terus bersama dan bisa menularkan ilmunya kepada banyak orang dan memperjuangkan banyak hal untuk PT Semen Padang,” kata Khairul jasmi yang akrab di pangil Pres sesama rekan wartawan..(Chz***).


Reporter.  : Chandra.

Editor.       : Charles Zein

Post a Comment

0 Comments