Menteri PUPR Rekom feeder tol Dhamasraya-Kuantan Singingi-Rengat

JAKARTA..Singkron.com..Kementerian PUPR akhinya merekomendasikan pembangunan feeder tol Kuantan Sengingi – Rengat – Dhamasraya, yang akan menjadi alternatif pembukaan jalur baru tol Sumbar-Pekanbaru-Jambi.

Feeder tol ini menjadi alternatif dari tol trans Sumatera yang sebelumnya mengandalkan ruas tol Padang-Pekanbaru sepanjang 254 km. Tetapi seksi tol ini diperkirakan macet hanya sampai Padang-Sicincin dan Pekanbaru-Bangkinang.

Menteri PUPR Basuki Hadimulyo menyampaikan dukungan terhadap pembangunan sirip tol Dhamasraya-Kuantan Sengingi-Rengat di dalam suratnya tertanggal 15 Desember 2021.Surat itu merupakan balasan dan jawaban atas surat Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat tertanggal 13 September 2021, tentang permintaan dukungan pembangunan feeder tol Dhamasraya-Kuansing-Rengat (Damas Kure).

Menteri Basuki menyebutkan bahwa usulan pembangunan sirip tol Dhamasraya-Rengat-Kuantan Sengingi yang diajukan Bupati Sutan Riska akan dimasukan dalam rencana umum pembangunan jalan bebas hambatan Ditjen Bina Marga Kemen PUPR.

Penegasan Menteri Basuki di dalam suratnya itu juga ditembuskan kepada Menko Perekonomian, Gubernur Sumbar, Sekjen Kemen PUPR dan Dirjen Bina Marga.

Basuki meminta kepada jajarannya agar segera merevisi tata ruang nasional dan daerah tentang pembangunan jalan bebas hambatan serta memasukan usulan seksi jalan tol Dhamasraya-Rengat-Kuansing di dalam rencana umum pembangunan jalan tol bebas hambatan Ditjen Bina Marga.

Bupati Dhamasraya Sutan Riska dari berbagai pernyataannya di mass media menyebutkan bahwa dirinya bersama seluruh stake holder di Dhamasraya, tidak mengenal pangkat, jabatan dan status sosial sepakat bulat mengajukan permintaan kepada pemerintah untuk menyambungkan ruas tol Pekanbaru-Rengat ke kabupaten Dhamasraya.

Ternyata usulan bupati muda dan energik dari Sumbar ini juga disambut hangat pula oleh Bupati Kuantan Sengingi,Riau yang juga ingin daerahnya dilalui tol Pekanbatu-Rengat yang akan dimulai pekerjaannya tahun depan 2022. 

Sutan Riska juga berhasil meyakinkan rakyatnya untuk menerima tol Dhamasraya-Kuansing-Rengat sebagai jalan cepat keluar dari isolasi daerah, akibat keterbatasan sarana jalan.

Sutan Riska juga didukung oleh Walikota Pariaman Genius Umar untuk pembangunan jalur tol baru tersebut. Menurut Genius dalam satu zoom meeting yang digagas youtuber Donny Magek Piliang, pembukaan jalur tol dari kawasan barat Sumbar itu sangat positif mendorong perekonomi masyarakat,  Pariwisata dan meningkatnya daya masuknya barang, baik dari Sumbar maupun dari luar Sumbar.

“Kami dari kota Pariaman di wilayah timur Sumbar juga akan berupaya memaksimalkan peran jalan tol Dhamasraya-Kuansing-Rengat ini untuk meraup wisatawan lokal dari Jambi dan Riau,” papar Genius yang dipanggil abang oleh Sutan Riska.

Pembangunan jalur tol Dhamasraya-Kuansing-Rengat juga dinilai cepat membuka akses ekonomi Sumbar dari kabupaten dan kota Solok, Sawahlunto dan Sijunjung serta Batusangkar.

Menteri Basuki Hadimulyo juga menyebutkan di dalam suratnya bahwa usulan jalan tol Dhamasraya-Kuansing-Rengat sudah mempertimbangkan faktor volume lalulintas dan perekonomian wilayah setempat. (Ch***)

Post a Comment

0 Comments