Timnas Indonesia Vs Vietnam 0-0, Indonesia bertengger Dipuncak Klasemen

   Bermain 0-0. Indonesia Vs Vietnam,Timnas Indonesia Tetap Dipuncak Klasemen Piala AFF. Group B

Singgapura.Singkron.com.. Pertandingan timnas Indonesia vs Vietnam berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, pada Rabu (15/12/2021) malam.(19.30 )WIB.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memainkan skema permainan 3-4-3 pada laga kali ini. Hal ini dilakukan untuk meredam permainan agresif Vietnam.

Pertahanan timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong pada laga kali ini sangat rapat hingga membuat Vietnam selaku juara bertahan terlihat frustrasi. Sepanjang pertandingan, Vietnam dengan persentase pengusaan bola mencapai 68 persen tercatat melepaskan delapan tembakan ke arah gawang Indonesia 

Namun, Vietnam tetap tidak mampu mencetak gol. Tercatat hanya satu tembakan pemain Vietnam yang tepat sasaran namun on target.Beruntung bagi Indonesia, tembakan para pemain Vietnam masih kurang akurat. Hingga babak pertama berakhir, mereka hanya mampu melancarkan satu tembakan ke arah gawang dari tujuh percobaan.

Di bawah mistar gawang kejutan terjadi. Ernando Ari Sutaryadi yang awalnya disebut akan bermain terpaksa  digantikan oleh Nadeo Argawinata. Ernando mengalami cedera saat pemanasan.

 Di lini perlini Shin Tae yong memilih. pertahanan belakang menurunkan Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga dan Fachrudin Aryanto, di jantung pertahanan  Shin Tae Yong menurunkan Asnawai Mangkualam di sisi kanan, Pratama Arhan Alif Rifai di sisi kiri.Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya lini tengah,untuk menjadi peredam serangan Vietnam.Di lini depan, trio Witan Sulaeman, Irfan Jaya dan Ezra Walian menjadi pilihan Shin Tae yong.

Evan Dimas Kapten Timnas Indonesia itu hanya berada di bangku cadangan. Evan baru masuk pada awal babak kedua menggantikan Irianto. Masuknya Evan Dimas pada babak kedua sedikit mengubah permainan. Timnas Indonesia lebih berani bermain terbuka. Meskipun demikian, mereka tetap kesulitan membongkar lini pertahanan Vietnam. 

Peluang baru tercipta bagi Indonesia pada menit ke-58. Melalui serangan balik, Ezra Walian berhasil melepaskan tembakan namun masih dapat diblok pemain belakang Vietnam.Tendangan pojok yang dilepaskan Evan Dimas sempat membuat kemelut di depan gawang Vietnam, akan tetapi masih gagal. menciptakan gol bagi Timnas Indonesia.

Pada menit ke-68 Shin Tae yong kembali melakukan pergantian pemain. Dia memasukkan Rizky Dwi Febrianto untuk menggantikan Asnawi yang sempat mendapatkan perawatan karena kakinya mengalami kram.

Serangan Vietnam pada menit ke-70 nyaris membahayakan gawang Timnas Indonesia. Beruntung eksekusi pemain pengganti Nguyen Tien Linh masih membentur Fachrudin Aryanto sehingga bola dapat diamankan oleh Nadeo dengan mudah.

Shin Tae Yong memasukan Ramai Rumakiek menarik keluar Irfan Jaya yang tampak telah kelelahan. Empat menit berselang giliran Witan Sulaeman yang tumbang  Karena Kram.Digantikan oleh Yabes Roni.

Masuknya dua pemain baru itu ternyata tak banyak mengubah permainan. Timnas Indonesia masih terus tertekan hingga akhir pertandingan.

Satu peluang emas hampir diraih  Vietnam pada akhir babak kedua. Pan Van Duc berhasil melewati Rizky Dwi di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia. Dia pun berhasil melepaskan umpan silang mendatar kepada Tien Linh yang berada di tengah kotak penalti. Beruntung Rizky Ridho masih mampu melakukan jegalan bersih untuk membuang bola dari kaki Tien Linh yang belum sempat melepaskan tembakan.

Serangan Vietnam terus bertubi-tubi, dimasa tambahan waktu pun masih mekakukan. seranggan untuk membuat gol.  

Dengan imbang Indonesia vs Vietnam itu membuat posisi kedua tim di klasemen Grup B Piala AFF 2020 tak berubah. Kedua tim sama-sama mengantongi nilai tujuh angka, dari tiga laga. untuk sementara Timnas Indonesia berada di puncak klasemen karena unggul selisih gol.

Dengan kondisi klasemen saat ini, persaingan perebutan dua tiket semifinal Piala AFF 2020 di Grup B masih terbuka..(Chz).


Reporter.    : Chandra

Editor.          : Charles Zein

Post a Comment

0 Comments