Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi Cek Kesiapan TMC dengan Smart City di Solo

 


Solo, Singkron.com -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlatas) Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi meninjau kesiapan kota pintar (smart city) Solo yang terintegrasi dengan layanan berbasis teknologi informasi yang ada di Traffic Management Center (TMC) milik Polri. Smart city terpusat di Polresta Surakarta. 

Dalam peninjauannya Kakorlantas didampingi Dirkamsel, Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana dan Dirgakkum, Brigjen Pol Aan Suhanan. Acara itu juga dihadiri Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Kakorlantas mengungkapkan Smart city Solo memiliki beberapa aplikasi yang di dalamnya menyangkut pelayanan publik. Juga mengoneksikan empat moda transportasi yang ada di Solo. Aplikasi ini, lanjut dia, akan melayani berbagai permasalahan seperti keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). 

"Selain itu, juga terintegrasi dengan model pelayanan-pelayanan pemerintah daerah (Pemda). Dengan adanya smart city semua akan terkoneksikan di TMC. Untuk kelancaran program smart city di Solo ini, Korlantas Polri telah menyusun standar operasional prosedur (SOP)," jelas dia.

Irjen Pol Firman Santyabudi berharap, modernisasi pada bidang teknologi informasi dilakukan bisa meningkatkan kecepatan, keakuratan, keefektifan dan transparansi pelaksanaan tugas-tugas Korlantas Polri. Sehingga daya dukung kepolisian kepada negara, pemerintah dan masyarakat semakin meningkat.

"Inovasi aplikasi terkait information technologi atau IT mengingat teknologi digital berkembang dan berubah sangat cepat. Dengan demikian modernisasi teknologi informasi (TI) Korlantas Polri juga diharapkan bisa terintegrasi dan mendukung smart city dan percepatan program pemulihan ekonomi nasional," jelas dia.

"Di sinilah perlunya Korlantas Polri mengembangkan smart management, agar seluruh rangkaian aplikasi dapat dikonsolidasikan dan diintegrasikan secara efektif dan efisien. Sistem inputing data yang menjadi variable kunci dari IT Road Safety mulai satuan kerja Polres, Polda, teritegrasi dengan sistem yang terpusat dari berbagai metode inputing dan jenis data," tambah Kakorlantas..(Shanty).



Post a Comment

0 Comments