Danlantamal III : Koarmada RI Wadah Baru Kekuatan Pertahanan Laut TNI AL

Jakarta, Singkron.com -- Komandan Pangkalan III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., M.Tr.Opsla., CHRMP. hadiri Peresmian dan Pengukuhan Komando Armada Republik Indonesia dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis(03/02/2022). 

Komando Armada RI di bangun dengan segenap kemampuan dilandasi prinsip yang visioner, maju dan modern sebagai sebuah organisasi baru di lingkungan TNI Angkatan Laut yang kelahirannya merupakan jawaban dari tuntutan akan pentingnya perkuatan pertahanan negara dan adaptasi terhadap dinamika serta perkembangan lingkungan strategis saat ini dan yang akan datang.

Dalam amanat Kasal mengatakan,” Dengan adanya pergeseran geopolitik dunia yang mengarah ke kawasan Asia dan Asia Tenggara dewasa ini, memperebutkan pengaruh oleh kekuatan-kekuatan besar dunia di kawasan Asia dan Asia Tenggara, dan ini dapat melahirkan potensi ancaman terhadap kedaulatan dan eksistensi negara Indonesia. Untuk itu, dibentuklah Koarmada RI yang berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI,” pungkas Yudo.

“ Pembangunan kekuatan pertahanan laut Indonesia harus didasari pada prinsip yang maju dan modern dengan tetap mengacu pada keselarasan dari ketiga pilarnya yaitu pembangunan sumber daya manusia yang tangguh dan profesional berbanding lurus dan pembangunan alutsista serta diikuti dengan organisasi yang sesuai,” imbuhnya.

Sementara Komandan Lantamal III saat ditemui disela-sela acara mengatakan,” Lantamal III Jakarta sebagai salah satu unsur didalamnya akan terus mengabdi  memberikan pelayanan yang terbaik dalam tugasnya sesuai tugas pokok Lantamal III,” ucapnya. Dengan semboyan diharapkan Koarmada RI akan memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta Indonesia.

Komando Armada RI nantinya bertindak sebagai unsur kekuatan operasi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI dengan membawahi Koarmada I, Koarmada II dan Koarmada III.  Selain itu, juga akan bertindak sebagai Kotama pembinaan yang berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Laut dalam rangka mensinergikan perbedaan kekuatan, kemampuan dan kesiapan operasional seluruh komponen.(har)

Post a Comment

0 Comments