Gerak Cepat, Kadin dan Konjen India Kunjungi Dermaga Peti Kemas Teluk Bayur

 

Padang, Singkron.com -- Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumbar bergerak cepat. Begitu mendapat lampu hijau perdagangan dengan India dari Konsul Jenderal India Medan, hari Sabtu (19/2/2022) langsung dilaksanakan kunjungan ke Dermaga Peti Kemas Pelindo II Teluk Bayur, Padang.

Dalam kunjungan ini, Ketua Umum Kadin Sumbar H. Ramal Saleh dan Konjen (Konsulat Jenderal) India Medan Mr. Subham Singh didampingi oleh Ibu Wulandari dari Pelayanan Pelanggan Pelindo Teluk Bayur dan Husni dari Supervisor Operasi Pelindo Teluk Bayur.

Setelah mendapatkan ekspos tentang fasilitas yang tersedia di pelabuhan tertua di Indonesia itu, rombongan Kadin dan Konjen India diajak meninjau  pergudangan dan areal dermaga peti kemas.

Konjen India Medan Mr. Subham Singh cukup puas dengan penjelasan yang diberikan oleh Supervisor Pelindo Husni. Ia juga menanyakan soal bongkar muat, lama masa tunggu kapal dan kecepatan administrasi kepabeanan.

Mr. Subham Singh akan menindaklanjuti hasil kunjungan ke Sumatera Barat, khususnya hasil pembicaraan dengan Gubernur Sumbar dan Kadin Sumbar tentang rencana pelayaran langsung perdagangan dari Pelabuhan Teluk Bayur-Chenai India serta Kawasan Asia Barat.

Ketua Umum Kadin Sumbar H. Ramal Saleh antusias dengan terbukanya dialog untuk pelayaran perdagangan langsung Teluk Bayur-Chenai. Karena itu perlu ada upaya bersama vuntuk mewujudkan. Atas fasilitasi dari Konjen India Medan akan dilaksanakan zoom meeting pada Senin (21/2/2022) dengan peserta Kadin Sumbar, Pemprov, Asosiasi Pelayaran, Konjen India Medan, Chenai Chamber dan Kementerian Perdagangan India.

"Alhamdulillah pelayaran langsung Teluk Bayur-Chenai ini peluang besar untuk komoditi ekspor asal Sumbar seperti karet, gambir, kulit manis dan lainnya. Ada miliaran orang di kawasan Asia Barat yang berpotensi sebagai pasar produk asal Sumbar, mari kita manfaatkan bersama," kata H. Ramal Saleh.

Sebaliknya, India juga bisa memasarkan produknya ke Indonesia melalui pintu masuk Pelabuhan Teluk Bayur. Peluang ini harus juga ditangkap sehingga Teluk Bayur menjadi pelabuhan penting tidak saja di Sumatera, tetapi juga di Indonesia.

Dalam kunjungan ke Dermaga Peti Kemas Teluk Bayur ini Ketua Umum Kadin Sumbar H. Ramal Saleh didampingi Wakil Ketua Umum OKK Kadin Ir. Nasirman Chan, WKU Perdagangan dan Industri Marta Gunawan dan Komite Tetap Perdagangan Luar Negeri Hasrin Mansyur. (Chz).

Post a Comment

0 Comments