Upacara Memperingati Ulang tahun Emasnya BASARNAS ke 50

 

Mentawai, Singkron.com -- Upacara Peringatan Hari Jadi Badan Sar Nasional (BASARNAS) ke 50. Yang bertepatan dengan Ulang Tahun emasnya. DiLapangan kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai. Dipimpin langsung oleh Kakansar BASARNAS Mentawai Akmal S. Sos, Berlangsung hikmad. Selasa (03/03/2022).

Peringatan hari jadi BASARNAS,  telah dua tahun tidak di bisa diselenggarakan karena masa pandemi Covid 19. jadi pada tahun ini baru bisa diselengarakan itupun harus memenuhi peraturan Prokes (Protokol Kesehatan).

Basarnas termasuk Lembaga  Pemerintah yang terpercaya melaksanakan sebagian tugas pemerintah di bidang SAR.

Basarnas bekerja sesuai Undang-undang Nomor 29 tahun 2014 Tentang  Pencariandan pertolongan. Tugas utama Basarnas salah menyelenggarakan  opersi pencarian,penyelamatan, pertolongan dan evakuasi pada kecelakaan, bencana,dankondisi membahayakan manusia di seluruh wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia.

Sebuah tugas yang penuh tantangan,keseriusan dantangung jawab yang besar. Kita semua menyadari bawa kecelakaa, bencana, dan kondisi manusia memiliki sifat Unpredictable atau tidak dapat kita prediksi sebelumnya. Karena itulah melaksanakan siaga 24 jam nonstop.

Melakasanakan operasi SAR dengan cepat. Respon cepat itu mutlak demi menyelamatkan jiwa saudrra- saudara kita yang sedang tertimpa musibah. Keberhasilan.

penyelenggaraan operasi SAR itu memadukan  berbagai komponen yang terangkum dalam 4 Pilar utama yaitu:

Pertama adalah sumber daya manusia yang mumpuni selama ini   terus berusaha. Meningkatkan kapasitas  sumber daya manusia, terutama para Rescuer sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan operasi SAR.

Kedua adalah sarana prasarana yang memadai Basarnas senantiasa meningkatkan sarana prasarana maupun peralatan SAR yang relevan dengan perkembangan zaman. Peralatan- peralatan yang super friendly dan berteknologi kekinian untuk memudahkan kinerja. 

Ketiga adalah dukungan dari potensi sar, Basarnas tidak dapat  bekerja sendiri. Selama ini potensi sar memegang peran krusial dalam pelaksanaan operasi SAR. potensi SAR dari unsur pemerintah,TNI, Polri,Badan usaha,Organisasi kemasyarakatan, Hingga indivindu dapat menutup celah keterbatasan Basarnas dari aspek sumber daya manusia, sarana prasarana tekhnologi informasi, serta Hewan karena itulah, sinergi dengan potensi sar mutlak kita lakukan dalam misi penyelengara operasi SAR. 

 Keempat adalah publikasi menjadi galian penting dalam penyelengara SAR. Publikasi yang dikelola dengan baik akan meningkatkan reputasi dan citra positif institusi di mata publik. Sebaliknya, publikasi yang buruk, lambat lain akan merusak kepercayaan masyarakat yang sudah terbangun selama ini.

Jejak- jejak keberhasilan dalam berbagai penyelengaraan operasi SAR selama ini telah menghadirkan kepercayaan yang besar dari masyarakat tidak hanya dari dalam negeri.

Reputasi tersebut harus kita pertahankan, tidak hanya itu, kredibilitas Tim SAR kita juga diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional, dengan tim SAR yang handal  diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam melaksanakan segala aktivitasnya.

Karena itulah, tema Basarnas emas tahun ini adalah "Cepat Tanggap untuk Indonesia Maju," Bapak presiden Joko Widodo saat membuka rapat kerja nasional Basarnas tahun 2022 , beberapa waktu, mengapresiasi kinerja Basarnas selama ini beliau juga memberikan pesan-pesan kepada kita semua. Diantaranya, kita harus menciptakan inovasi- inovasi sesuai perkembangan.

Perkembangan tekhnologi kekinian. Kita juga diharuskan meningkatkan kapabilitas dan kompetensi tim SAR menggiatkan SAR preventif dan mitigasi, serta membangun budaya SAR di masyarakat orientasi dari pesan Presiden tersebut agar dalam 

Implementasinya Basarnas dapat memberikan pelayanan Sar yang optimal. kepada masyarakat yang mengalami kedaruratan pada kecelakaan, Bencana dan kondisi membahayakan manusia.pesan Akmal," Kepada pegawai dilingkungan Basarnas agar tetap bekerja dengan semangat yang tinggi, tantangan ke depan akan semakin  kom

Post a Comment

0 Comments