Wagub Audy Tetapkan Pulau Beriloga Sabeu Sebagai Pulau Terluar Sumbar Bagian Selatan

 

Mentawai, Singkron.com — Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menetapkan Pulau Beriloga Sabeu (Pulau Sanding) sebagai pulau terluar Sumbar bagian selatan. Pulau seluas 40 hektare itu tepatnya berada di wilayah Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Penetapan berlangsung dalam upacara pengibaran bendera merah putih yang dipimpin langsung Wagub Audy di tugu batas Pulau Beriloga Sabeu, Senin (21/2/2022). Sekaligus penandatanganan prasasti oleh Wagub Audy dan Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabalagget.

Dalam sambutannya Wagub Audy dengan penetapan Pulau Beriloga sebagai pulau terluar Sumbar bagian selatan, berdasarkan berita acara kesepakatan pengusulan review zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil wilayah perbatasan Provinsi Sumbar dengan Provinsi Bengkulu No.53523/1312/TKP.3/V/2017 tanggal 3 Mei 2017. Dalam kesepakatan itu dinyatakan bahwa pulau ini adalah milik Provinsi Sumbar yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Pulau ini perlu kita jaga dan berdayakan sebagai aset produktif bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumbar. Pada 2023, pemerintah mencanangkan Visit Beautiful West Sumatera to 2023 dan insyaallah di Mentawai juga akan diadakan rakor kepala daerah se-Sumbar guna membahas sinergisitas seluruh pemda di Sumbar dalam mensukseskan tahun kunjungan wisata,” tutur Audy

Rangkaian acara dikemas dalam bentuk Ekspedisi Beriloga Sabeu Island 2023, Wagub Audy menambahkan "kegiatan tersebut diadakan di Mentawai sekaligus merupakan penghormatan dari Provinsi Sumbar terhadap masa bakti Bupati Kabupaten Mentawai yang sebentar lagi memasuki masa purna.

Karena itu.!!, dalam mempersiapkan momentum Visit Beautiful West Sumatera 2023, pemerintah perlu mengupayakan terbangunnya dermaga yang representatif, menguatkan mitigasi bencana dan penyesuaian tata ruang agar pembangunan bisa berjalan lancar,” terang Audy 

Wagub yang datang ke Pulau Beriloga Sabeu, mengendarai jet ski yang dikawal kapal Basarnas Mentawai.(Chz)

Post a Comment

0 Comments