AXSI Kota Padang Dideklarasikan,

Padang, singkron.com -- KomunitasAvanza Xenia Solusi Indonesia (AXSI) Kota Padang, Sabtu (26/3/2022) dideklarasikan di Stadium Cafe, GOR Agusalim, Padang oleh Ketua 1 LKAAM Sumbar Laksma (Purn) Hargianto, SE.,M.Si. Datuak Bagindo Malano Nan Hitam. Dihadiri oleh anggota komunitas AXSI dan 50-an pengurus komunitas otomotif yang ada di Padang.

Dalam deklarasi ini, dikukuhkan sebagai Kordinator Admin AXSI Kota Padang adalah Joni Irwandi dibantu oleh Dede dan Yulhen. Sebagai penasehat  ditetapkan Ketum LKAAM Sumbar DR. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati dan Osman Ayub yang sehari-hari adalah Anggota DPRD Kota Padang.

Dalam sambutannya, Hargianto Datuak Bagindo Malano Nan Hitam mengatakan, sepanjang tujuan dari komunitas AXSI ini adalah positif maka kewajiban kita semua, termasuk LKAAM Sumbar, untuk mendukung keberadaan AXSI. Apalagi AXSI bisa merangkul lebih banyak kaum milenial dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“Aktifitas AXSI tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama masyarakat kurang beruntung atau yang sedang ditimpa musibah. AXSI sebagai komunitas harus bisa memperlihatkan rasa empatinya, terutama sebagian besar anggota AXSI adalah mereka yang memiliki kemampuan dan rejeki yang lebih,” kata Laksma (Purn) Hargianto Dt. Bagindo Malano Nan Hitam, mantan Danlantamal II Padang ini.

Mak Datuak Hargianto mengharapkan, AXSI Kota Padang kedepannya juga menambah kegiatannya dengan aktifitas seputar adat Minangkabau. Bentuknya mungkin belajar tentang nilai-nilai luhur adat Minangkabau, serta ikut mensosialisasikan kepada generasi muda tentang perilaku Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Sementara Kordinator Admin AXSI Kota Padang Joni Irwandi kepada media mengatakan, bahwa sejauh ini kegiatan utama AXSI adalah diskusi dan menambah pengetahuan tentang otomotif terutama Avanza dan Xenia kepada seluruh angggotanya. Kemudian kegiatan lain adalah aktiftas sosial yang dihimpun dari seluruh anggota AXSI.

Dalam musibah gempa bumi Pasaman Barat dan Pasaman beberapa waktu yang lalu, kata Joni Irwandi, AXSI baik Sumbar maupun AXSI Kota Padang telah menggalang bantuan. Bahkan dari AXSI dari provinsi lain di Indonesia. “Dalam musibah gempa bumi Pasaman Barat dan Pasaman, kita menyalurkan bantuan AXSI dalam berbagai bentuk barang dan sembako, beberapa tahap hingga jumlahnya mencapai Rp50 juta,” kata Joni Irwandi.

Menurut  Joni Irwandi, karena potensi wisata di Sumbar dan Kota Padang sangat besar untuk perekonomian masyarakat, maka AXSI Kota Padang memasukkan program promosi pariwisata menjadi salah satu program kerjanya. Caranya adalah menjadikan destinasi wisata yang ada sebagai tempat kegiatan AXSI, maka sekaligus akan mempromosikan destinasi itu kepada masyarakat luas. (Chan)

Post a Comment

0 Comments