Pemimpin Harus Miliki Ketauladanan dan Manajerial Yang Baik

 

Bandung, Singkron.com -- Sebagai Pemimpin  harus memiliki ketauladanan dan manajerial yang baik agar dapat melaksanakan tugas-tugas yang semakin kompleks di masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad)  Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E, M.M., dalam pengarahannya kepada siswa perwira dan tenaga pendidik serta  tenaga pendukung pendidikan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) di Bandung, Senin (21/3/2022).

Kedatangan Kasad disambut Komandan Secapaad Mayjen TNI Ferry Zein dan para pejabat utama  Secapaad. Dilanjutkan menerima paparan dari Direktur Pendidikan Secapaad terkait Program Diktupa Secapaad yang menggunakan sistem pendidikan baru yaitu berbasis SKS. Dengan Sisdik ini, para lulusan Secapaad akan mendapatkan gelar setara Diploma III  Afirmasi atau Ahli Madya.

Pada Tahun Pendidikan  2022  ini,  Secapaad mendidik sebanyak 593 siswa perwira terdiri dari 563  siswa pria dan 30 siswa Wanita (Kowad).

Dalam pembekalan kepada siswa perwira dan tenaga Pendidik Secapaad, Kasad menegaskan bahwa Kepemimpinan Militer memiliki tiga tingkatan yaitu Kepemimpinan Strategis, Kepemimpinan Operasional dan Kepemimpinan Taktis.

Pengarahan Kasad mengangkat Tema " *Kepemimpinan Militer di Era Perubahan*" , Kasad menyampaikan tentang tantangan dalam kepemimpinan militer dihadapkan dengan  perubahan generasi di era globalisasi saat ini.

Kasad menegaskan, dalam kepemimpinan militer,  sebagai seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan. "Kepemimpinan militer menjadi tolok ukur keberhasilan dalam pengambilan suatu keputusan, " tegas Kasad.

Di hadapan siswa perwira dan tenaga pendidik serta personel  organik Secapaad, Kasad memberikan motivasi kepada para calon perwira siswa Secapaad untuk tidak takut ataupun gagal serta percaya dan yakin pada diri sendiri.

Pada akhir pengarahannya, Kasad menyampaikan bahwa pada seleksi penerimaan calon siswa Secapaad akan diprioritaskan para lulusan Politeknik Angkatan Darat (Poltekad). 

Sementara itu, Komandan Secapaad Mayjen TNI Ferry Zein sangat mengapresiasi kehadiran Kasad dalam memberikan pembekalan kepada para siswa perwira Secapaad. 

"Pembekalan yang disampaikan Bapak Kasad sangat memotivasi kami selaku pembina,  terlebih bagi para siswa dalam  pelaksanaan tugas ke depan setelah mereka lulus, " tegasnya.  (Dispenad/har)

Post a Comment

0 Comments