Sambut Puasa, Kaum Panai Pulau Sawah Painan Ziarah Kubur

Kaum Panai Pulau Sawah Painan Bersih Makam Jelang Puasa

Painan, singkron.com -- Ratusan keluarga kaum Suku Panai Pulau Sawah, Nagari Painan Timur, Pesisir Selatan, melakukan bersih-bersih makam dan ziarah kubur di lereng Bukit Baling Baling pada Minggu (27/3/2022).

Kegiatan yang sudah jadi tradisi setiap menyambut bulan suci Ramadhan ini, dilaksanakan sejak pagi hingga masuknya waktu Zuhur. Seluruh makam dibersihkan, termasuk memperbaiki pagar dan tembok-tembok yang rusak.

Menurut Penghulu Kaum Suku Panai Pulau Sawah Painan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, kegiatan bersih-bersih makam persukuan jelang Ramadhan ini juga ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Nurman Imam Batuah. Kegiatan diakhiri dengan bersalam-salaman seluruh anggota kaum.

"Seluruh anak kemenakan Kaum Suku Panai Pulau Sawah hadir dalam bersih-bersih makam ini, baik yang tua maupun yang muda-muda, laki-laki dan perempuan, bahkan ada kemenakan kami yang pulang dari rantau," kata Syafrizal Ucok.

Tradisi jelang Ramadhan ini lebih sarat dengan nilai-nilai silaturahmi. Saatnya saling bermaafan sesama anggota kaum, baik yang ada di kampung halaman maupun dunsanak yang ada di rantau.

"Sebagai penghulu kaum, maka dalam kesempatan silaturahmi ini kami bisa pula memberikan nasehat dan arahan kepada seluruh kemenakan. Kalau ada masalah di dalam kaum pun bisa pula dibicarakan saat pertemuan bersih-bersih makam ini," kata Syafrizal Ucok, yang sehari-hari adalah Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan dan Ketua LKAAM Pesisir Selatan.

Tradisi menjelang Ramadhan di Pesisir Selatan tidak hanya bersih-bersih makam, tetapi juga ada Balimau Paga. Sejak pandemi Covid-19 kegiatan Balimau Paga ditiadakan dan tahun 2022 ini  sudah boleh digelar dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

"Kami kaum Panai Pulau Sawah ikut dalam tradisi Balimau Paga di Nagari Painan Timur. Kita harapkan Balimau Paga di seluruh nagari di Pesisir Selatan berlangsung dengan lancar dan dihadiri seluruh masyarakat," kata Syafrizal Ucok, yang kini menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemprov Sumbar. (Chan))

Post a Comment

0 Comments