TSR Pemprov Sumbar Kunjungi Mesjid Nurul Yaqin Kajai Tepi Selo

 

   Syafrizal Ucok : Lindungi Anak Kemenakan dari Narkoba dan LGBT

Tanah Datar, singkron.com -- Ninik mamak dan orang tua saat ini wajib mewaspadai kemenakan dan anak-anaknya dari serangan  penyalahgunaan narkoba, LGBT, pergaulan bebas dan aksi tawuran. Sebab serangan itu bisa terjadi setiap saat karena pengaruh lingkungan pergaulan dan akses teknologi informasi yang terbuka batasnya, semua terbuka luas.

"Mamak dan orang tua harus nyinyir terhadap kemenakan dan anak-anaknya dengan membekali dasar agama dan adat. Jangan sampai masa depan generasi muda kita hancur sia-sia," kata Sekdaprov Sumbar yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah dalam sambutan Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi di Masjid Nurul Yaqin, Kajai Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (6/4/2022) malam.

Diharapkan Syafrizal Ucok peran lebih dari ninik mamak, orang tua, alim ulama dan bundo kanduang untuk aktif memberikan pendidikan adat dan budaya, nilai-nilai keagamaan kepada anak  kemenakan dimasing masing suku dan kaum.  

"Setiap penghulu ninik mamak bertanggung jawab menyiapkan generasi mendatang yang memahami agama dan tahu dengan adat budaya sebagai karakter orang Minangkabau. Falsafah adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah (ABS-SBK) itu tidak hanya slogan tetapi benar-benar menjadi benteng dalam diri generasi muda Minangkabau," kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, yang juga Wakil Ketua Umum 1 LKAAM Provinsi Sumbar.

Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemprov Sumbar ini sengaja dibentuk setiap tahun dan disebar ke kabupaten/kota untuk meningkatkan silaturrahmi Pemprov dengan  masyarakatnya. Kemudian dimaksud sebagai sarana untuk  menyampaikan informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah, juga menyerap aspirasi masyarakat dan menyerahkan bantuan.

Syafrizal Ucok yang merupakan pejabat senior di Pemprov Sumbar ini juga mengingatkan masyarakat di Tanah Datar untuk tidak lengah dengan bahaya Covid-19. Meski pun akhir-akhir ini Covid-19 sudah melandai namun waspada juga dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ikhtiar yang harus dilakukan adalah dengan menjaga pertahanan tubuh melalui vaksinasi hingga booster, menggunakan masker dan sebaiknya menghindari kerumunan. "Minimal menggunakan masker, apalagi nanti pada saat lebaran banyak dunsanak yang pulang dari rantau tentunya kita selalu mengedepankan protokol kesehatan untuk kesehatan bersama," ujar Staf Ahli Gubernur Syafrizal Ucok, yang juga mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini.

Pemkab Tanah Datar yang mendampingi ke Lintau adalah Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan Drs.Abrar. Dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan TSR Pemprov Sumbar kelompok XII yang datang menampung aspirasi dan menyerahkan bantuan untuk masjid.

"Bantuan masjid dan arahan yang disampaikan TSR Pemprov Sumbar ini akan makin menguatkan program Kabupaten Tanah Datar yaitu Satu Rumah Satu Hafiz dengan ditandai rumah yang sudah menjalankan dengan stiker.

"Program unggulan Tanah Datar yang lain adalah batuan pertanian berupa Bajak Gratis. Masyarakat tinggal menghubungi Penyuluh Pertanian Lapangan terdekat dan silahkan pinjam alat bajaknya saja atau lengkap dengan operatornya," kata Staf Ahli Drs. Abrar.

Ketua Pengurus Masjid Nurul Yaqin Erwin menyatakan bangga atas kedatangan Tim Safari Ramadhan Provinsi. "Pembangunan masjid saat ini sedang merenovasi bak tempat berwudhuk, karena jumlah jemaah yang makin bertambah. Nilai renovasi tersebut sebesar Rp80 juta. Alhamdulillah ada bantuan dari TSR Pemprov Sumbar," kata Erwin.

Pada kesempatan ini TSR Pemprov Sumbar kelompok XII membawa bantuan Gubernur Sumbar dan menyerahkan langsung sebesar Rp50 juta yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Sumbar Syafrizal Ucok kepada pengurus mesjid.

Rombongan TSR Pemprov Sumbar kelompok XII terdiri dari Sekdaprov, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan, Kepala BPKA, Kadis Kesehatan, Kadis Nakertrans, Kabiro Pemerintahan, Kabiro Adpim, Ustadz Syofyan Diran dan Tim Biro Kesra Setdaprov. (Chan)

Post a Comment

0 Comments