Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar, Benny Warlis Memberikan Tausyiah Tentang Ibadah Kurban

Padang, singkron.cim -- Makna dari ibadah berkurban dalam Hari Raya Idul Adha pada hakikinya adalah menunjukkan keikhlasan kita sebagai umatNya kepada Allah SWT, tanda cinta umat Islam kepada Allah SWT dan sebagai cara kita sebagai umat yang taat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikian petikan tausyiah yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Sumbar Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM Drs. H. Benny Warlis, MM., dalam acara Wirid Mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Jalan Pramuka Raya, hari Jumat (10/6/2022) pagi.

Menurut Benny Warlis, dengan berkurban akan menghilangkan sifat-sifat buruk yang ada dalam diri manusia, antara lain sifat serakah, sifat tamak, sombong, iri dan dengki. “Allah membersihkan kita dari sifat buruk, yang digambarkan dengan memotong hewan sebagai bentuk membunuh sifat kehewanan dan harapannya kita dibimbing Allah SWT menjadi orang yang bertaqwa,” kata Benny Warlis lagi.

Allah SWT telah mencontohkan pengorbanan yang tinggi dari Nabi Ibrahim AS, yang disuruh menyembelih anaknya Ismail. Karena keikhlasan Nabi Ibrahim AS, maka Allah SWT menggantinya dengan seekor kambing. “Teladan Nabi Ibrahim AS adalah contoh nyata bahwa kita harus rela dan ikhlas berkorban untuk agama Allah. Juga istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar, yang rela berkoban bolak-balik dari Safa dan Marwa sehingga ditemukan kenyamanan berupa air zamzam yang sampai sekarang masih bermanfaat. Teladan itu harus kita praktekkan bersama di era sekarang untuk menciptakan kedamaian, ketentraman, dan kemajuan negeri kita tercinta,” tambah Benny Warlis.

Pada kesempatan itu Benny Warlis atas nama Pemprov Sumbar memberikan apresiasi kepada Dinas PMD Sumbar yang menerapkan disiplin absensi, yaitu absen bangun pagi dan sholat subuh berjemaah dimana mengisi absen pada pukul 03.00-04.00 WIB setiap harinya. Apresiasi itu diberikan dalam bentuk cinderamata berupa satu paket Al Qur’an per juz.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH dalam kesempatan Wirid Mingguan ini menyampaikan arahan kepada seluruh pejabat struktural dan ASN, yaitu agar beribadah kurban bagi yang memiliki kemampuan melaksanakannya. Karena begitu tingginya pahala dan makna yang dikandung oleh ibadah kurban  ini.

Untuk kegiatan Dinas PMD yang saat ini sedang berlangsung yaitu Penilaian Lomba Desa, Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022, agar dilaksanakan tepat waktu karena para juaranya juga akan dilombakan pada tingkat nasional. Selain itu KPA diingatkan juga oleh Kadis Amasrul tentang realisasi anggaran kegiatan agar sesuai dengan capaian target kinerja dan segera membuat laporan kegiatannya. 

Menurut Kasubag Umum Adi Pondra, jumlah pegawai ASN Dinas PMD Sumbar yang hadir dalam acara Wirid Mingguan ini adalah 35 orang, izin 2 orang, dinas luar (DL) 4 orang, melaksanakan kegiatan 7 orang dan tanpa keterangan 4 orang. (Chan)

Post a Comment

0 Comments