Amasrul : OPD Pemprov Sumbar Akan Dukung TMMD ke-114 Di Tanah Datar

 

Padang, singkron.com -- Setelah sukses dengan pembukaan jalan baru dan peningkatan infrastruktur jalan di Kabupaten Pasaman dan Dharmasraya pada TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-113 lalu, maka mulai 27 Juli 2022 mendatang, maka TMMD/N ke-114 akan kembali dilaksanakan dengan sasaran fisik peningkatan akses jalan pertanian di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi TMMD/N ke-114 Tahun Anggaran 2022 dengan tema "TMMD/N Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (12/7/2022).

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Amasrul, SH dalam sambutannya menyampaikan, TMMD ke-114 di Tanah Datar akan berlangsung mulai 27 Juli hingga 24 Agustus 2022 mendatang. Pembukaan dilakukan secara resmi oleh Gubernur Sumbar pada 26 Juli serentak di lokasi TMMD di seluruh Indonesia.

Dipilihnya Nagari Batu Bulek, menurut Amasrul sudah melalui survey oleh Pemkab Tanah Datar dengan jajaran TNI di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar bersama dengan pemerintahan kecamatan dan nagari setempat. Daerah Batu Bulek memiliki potensi pertanian dan sumber daya alam yang sangat besar dan beragam untuk dikembangkan.

Lebih lanjut disampaikan Amasrul, Rakor TMMD/N yang dilaksanakan ini merupakan tahap persiapan TMMD/N guna mensinergikan kegiatan yang ada pada OPD atau instansi dan lembaga terkait dengan kegiatan TMMD/N.

"Demi suksesnya TMMD ke-114 di Tanah Datar, kami berharap kepada seluruh kepala OPD, instansi dan lembaga terkait agar dapat berkontribusi memberikan bantuan dan dukungan baik secara fisik maupun non fisik yang disalurkan langsung ke lokasi TMMD/N," ujar Kadis PMD Amasrul, SH.

Danrem 032/WB yang diwakili Kasiter Korem 032/WB Kolonel (Kav) Nanang Siswoko menyampaikan, untuk TMMD ke-114, pihaknya menyiapkan 300 personel dan sudah memulai pengerjaan fisik dalam pra TMMD pada 6 Juni 2022 hingga 25 Juli nanti. Dengan harapan pengerjaan fisik pada saat dimulainya TMMD tidak dimulai dari awal lagi.

Kasiter berharap dalam TMMD kali ini dapat memunculkan terobosan produktif untuk membantu ekonomi masyarakat di daerah.

"TMMD ini wujud bakti TNI dan salah satu solusi mewujudkan ketahanan nasional. Diharapkan dapat mendorong akselerasi pembangunan di daerah, dan membantu tugas pemerintah di daerah," tegas Nanang.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, Iqbal Ramadi Payana, dalam pemaparannya di awal rakor menyampaikan segala persiapan teknis yang diperlukan demi suksesnya TMMD ke-114 di Kabupaten Tanah Datar.

Sasaran fisik yang akan dilaksanakan di Nagari Batu Bulek, secara rinci menurut Iqbal adalah pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 2,81 Km dengan lebar jalan 6 m. Kemudian juga akan dilaksanakan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 3 unit.

"Alasan dipilihnya Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara ini ada beberapa alasan, diantaranya kawasan ini punya potensi pertanian yang besar. Namun akses jalan belum memadai, dengan kondisi sempit dan sulit dilalui kendaraan roda empat. Selain itu, di daerah ini juga belum pernah dilaksanakan program TMMD. Mohon dukungan semua pihak dan kita siap sukseskan TMMD ke-114 di Lintau Buo Utara," kata Iqbal.

Turut hadir.dalam Rakor TMMD ke-114 ini perwakilan dari Forkopimda Sumbar, beberapa Kepala OPD di lingkup Pemprov Sumbar dan Kabupaten Tanah Datar, Dandim 0307/Tanah Datar, Baznas Sumbar, Kabid SDA dan TTG Dinas PMD Sumbar Vera Irawati, ST.MM., Baznas Tanah Datar serta perwakilan instansi lainnya, perbankan dan BUMD. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments