Ustad Maspeg Abas M.Ag di Dinas PMD : Biasakan Pola Hidup yang Mendekaktkan Diri Kepada Allah SWT

 

Padang, singkron.com -- Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, maka Ustad Maspeg Abas M.Ag dalam Wirid Mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar pada Jum’at (8/7/2022) pagi memberikan tausyiah dengan topik Pola Hidup yang Mendekatkan Diri kepada Allah SWT.

Menurut Ustadz Maspeg Abas M.Ag, amalan itu seperti tertancap ke tanah dimulai dari zikir yang mengakui tiada Tuhan selain Allah yang utama adalah Zikir Saidu Istighfar. Kemudian seperti batang yang tumbuh tegak dan kuat, meninggikan derajat dengan bertasbih, takbir dan tahmid. Kemudian seperti cabang pohon yang menjulang ke atas dengan makna semua amal ibadah akan dapat pahala dan berkah dari Allah SWT.

Paling tidak ada lima amalan dalam hidup sehari-hari yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, yaitu mendirikan sholat, membaca Al Qur’an, selalu menjadi pribadi yang bersyukur, ingat kematian dan tidak tergiur dengan dunia, dan selalu berzikir kepada Allah SWT.

“Umat muslim wajib bersyukur atas nikma Allah SWT yang telah diberikan, mulai dari nikmat harta hingga nikmat bernafas. Sebab bersyukur telah disebutkan sekitar 70 ayat di dalam Alquran. Dengan banyak bersyukur maka Anda termasuk orang yang mendapatkan ridho Allah SWT serta salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” kata Ustadz Maspeg Abas M.Ag.

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang selanjutnya adalah selalu ingat akan mati dan tergiur akan dunia yang fana. Setiap makhluk hidup pasti akan mati. Sangat menakutkan jika membayangkan kematian. Karena kita sebagai manusia, masih memiliki banyak kesalahan dan dosa. Kematian pasti akan menghampiri makhluk hidup, namun hanya Allah SWT yang mengetahui waktunya. 

“Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita dan dapat secepat kilat menjemput. Oleh karena itu sebagai umat Islam sebagai hamba yang baik jangan sampai tergiur akan gemerlap dunia. Dunia hanyalah tempat singgah sementara dan anya perkara yang fana. Hamba yang baik hanya mengingat satu perkara, yaitu janji Allah akan kehidupan akhirat yang kekal adanya,” ujar Ustad Maspeg Abas. M.Ag lagi.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH yang memberi sambutan dalam acara Wirid Mingguan ini kembali mengulangi himbauannya untuk meningkatkan ibadah dan amalan, termasuk di lingkungan pekerjaan. Ini akan menuntun kita berbuat yang terbaik dalam pekerjaan, memudahkan seluruh kegiatan dan menghindarkan dari perbuatan yang tidak baik.

Wirid Mingguan Dinas PMD Sumbar yang dilaksanakan di Aula Lantai II jalan Pramuka Raya ini, diikuti oleh seluruh pejabat struktural, fungsional dan seluruh staf. Dari jumlah pegawai Dinas PMD yang hadir 43 orang, izin 1 orang, dinas luar 4 orang dan berkegiatan 6 orang. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments