Kegiatan Sar GOES TO SCHOOL diKabupatan Kepulauan Mentawai


Mentawai, singkron.com .Kantor  Pencarian  dan Pertolongan Mentawai. Mengadakan SAR Goes To School antar siswa-siswi se- Kabupaten Kepulauan Mentawai. Acara ini dilaksanakan di depan kantor Basarnas Mentawai Km 9 Tuapejat, Sipora Utara. Mentawai Senin (08/08/2022)

Dalam kata pembukaan acara Go to School tersebut Kakansar  SAR  Mentawai  mengatakan, "Kegiatan SAR Goes to School di Kab. Kepulauan Mentawai ini sebagai wadah untuk menberikan gambaran tentang garis besar penyelenggaraan pemasyarakatan, penyuluhan dan penyelamatan pada siswa-siswi peserta SAR Goes to School di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai di Kabupatenn Kepulauan Mentawai. Tujuan penyelenggaraan SAR Goes to School ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang SAR kepada masyarakat, khususnya anak-anak sekolah mulai usia dini dari SD, SMP dan SMA/SMK guna meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi keadaan darurat. Sasaran yang dicapai dengan maksud, peserta mampu bertindak apabila terjadi bencana secara tiba-tiba. Peserta mampu melakukan self-rescue atau menyelamatkan diri sendiri saat terjadi keadaan darurat seperti kecelakaan, bencana, dan kondisi yang membahayakan manusia. Peserta mampu meminta pertolongan kepada sesamanya maupun kepada masyarakat disekitarnya," terang Kakansar SAR Mentawai Akmal.

Penyelenggaraan SAR Goes to School di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai, diselenggarakan selama 1 (satu) hari, pada tanggal 08 agustus 2022 bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. 

Kegiatan Go to school ini juga adalah intruksi dari Basarnas Pusat kepada Basarnas Mentawai untuk bisa melaksanakan sosialisasi tentang SAR kepada anak- anak sejak usia dini. Untuk itu BASARNAS Mentawai membuat dan melaksanakan program SAR Goes to school. Program kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran kepada seluruh masyarakat khususnya kepada anak- anak sekolah  mulai usia dini dari TK ,SD, SMP dan SMA / SMK.

Kakansar Mentawai menambahkan, "Program SAR Preventif ini diharapkan akan menjadi Embrio untuk kesiapsiagaan masyarakat dalam  menghadapi berbagai keadaan darurat, baik kecelakaan, bencana, maupun  kondisi yang membahayakan manusia. Karena Alam memiliki sifat Unpredictable atau tidak sapakuta prediksi sebelumnya. Jadi inilah yang melatarbelakangi kegiatan SAR Goes To school serta yang berlandaskan kepada dasar, 

1. UU No 29 Th 2014 Ttg Pencarian dan Pertolongan. 2. PP No 21 Th 2017 Ttg Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan. 3. Peraturan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 1 Tahun 2019  tentang bimbingan, penyuluhan dan diseminasi Pencarian dan Pertolongan. 4. Program kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai Tahun 2022," ungkap Akmal

Peserta SAR Goes To School Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2022 ini berjumlah 50 orang peserta, diantaranya berasal dari : 1. SD 17 Tuapejat : 5 Org. 2. SD 16 Tuapejat : 5 Org. 3. SD 23 Tuapejat : 5 Org. 4. MTSN 1 Sipora : 7 Org. 5. SMP 2 Sipora : 7 Org. 6. SMP Santo Petrus : 6 Org. 7. SMA 2 Sipora : 8 Org. 8. SMA Plus Setia : 7 Org.

Dalam acara tersebut hadir Forkopimda. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Mentawai dan Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Kepulauan Mentawai.(Chan)

Post a Comment

0 Comments