Bumdes Lumindai Saiyo Dinilai Provinsi, Wako Harapkan Prestasi Terbaik

 Bumdes Lumindai Saiyo Sawahlunto Dinilai Tim Provinsi Sumbar

Sawahlunto, singkron.com -- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lumindai Saiyo di Desa Lumindai, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, dinilai langsung oleh Tim Lomba Bumnag/Bumdes Terbaik Provinsi Sumbar tahun 2022, pada Rabu (7/9/2022).

Penilaian ini karena Bumdes Lumindai Saiyo telah lolos dalam seleksi administrasi, sehingga menghasilkan enam Bumnag/Bumdes terbaik tingkat Sumbar. Untuk melakukan kecocokan fakta lapangan, termasuk wawancara dengan pengelola Bumnag/Bumdes, maka tim turun langsung.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar yang diwakili Kabid UEM dan KP Mahdianur, SE.MM. mengatakan, bahwa sendi-sendi ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 harus dibangkitkan kembali. Dana Desa yang sebelumnya fokus untuk menanggulangi Covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai, kini mulai diarahkan untuk pemulihan ekonomi di nagari/desa.

Ini pun sejalan dengan amanat Undang-undang Desa, yang tujuan pembangunan desa adalah untuk kesejahteraan, menanggulangi kemiskinan, pengembangan ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. "Untuk mewujudkan harapan UU Desa yaitu kesejahteraan itu salah satunya adalah dengan mendorong pengelolaan Bumnag/Bumdes secara profesional," kata Mahdianur, yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Sumbar ini.

Sisi yang dinilai dalam Lomba Bumnag/Bumdes ini adalah berupa dokumen pendirian, kelembagaan organisasi, perkembangan unit usaha, pelaporan, modal dan aset, dampak terhadap masyarakat, kemitraan dan video singkat Bumnag/Bumdes.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta yang menyambut langsung Tim Penilai Bumnag/Bumdes ini mengatakan bahwa terpilihnya Bumdes Lumindai Saiyo sebagai enam besar Sumbar sudah tepat, karena memang kinerja dan usaha yang dilakukan Bumdes ini sangat berpengaruh kepada kesejahteraan masyarakat desa.

Saat ini, kata Walikota Deri Asta, Bumdes Lumindai Saiyo membuka unit usaha yang produksinya antara lain gula aren, gula semut, gula aren cair, tembakau Lumindai dan parfum laundry dengan aroma yang khas. "Kami harapkan Tim Penilai dapat menilai dengan fair, sehingga kami harapkan Bumdes Lumindai Saiyo menjadi yang terbaik di Sumbar," kata Deri Asta lagi yang didampingi oleh Kadis PMD Sawahlunto, OPD terkait dan Camat Barangin Drs. Subandi.

Tim Penilai Lomba Bumnag/Bumdes Terbaik Sumbar tahun 2022 adalah Mahdianur, SE.MM (Ketua Tim, Kabid UEM dan KP DPMD Sumbar), Irwan Richardo Pakpahan (BPKP), Hotna Irawati (Disperindag), Eliana Roslan (DLH), Yun Handri Novianto (Bank Nagari), Merlinda Agustini, S.Si.M.Kes. (DPMD) dan M. Farizd Aulia, S.STP.MM juga dari DPMD Sumbar. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments