Desa Kubang Tangah dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah Bersiap Jadi Juara Regiona


 

Jakarta, Singkron.com -- Prestasi gemilang diraih oleh duta Provinsi Sumbar dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional tahun 2022, dimana Desa Kubang Tangah Kota Sawahlunto dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi lolos dalam lima besar regional. 

"Alhamdulillah, ini adalah keberhasilan Sumatera Barat di pentas nasional, khususnya Kota Sawahlunto dan Kota Bukittinggi. Meski baru masuk lima besar regional, ini luar biasa dan mari bersiap untuk penilaian selanjutnya menjadi tiga besar regional," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Kamis (22/9/2022) di Jakarta seusai pengumuman Desa/Nagari dan Kelurahan yang lolos ke tahap klarifikasi lapangan di Kemendagri.

Menurut Amasrul, kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas pencapaian duta Sumatera Barat ini. Karena itu, ucapan terima kasih Pemprov Sumbar terhadap Kepala Desa Kubang Tangah dan perangkatnya, begitu juga Kepala Kelurahan Kubu Gulai Bancah beserta seluruh jajaran kelurahan.

Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui efektivitas Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan, Tingkat Kemajuan, Kemandirian, Keberlanjutan Pembangunan, Kesejahteraan Masyarakat serta Daya Saing Desa dan Kelurahan. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, yang mana Perlombaan Desa dan Kelurahan dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan yang dimulai dari Tingkat Kecamatan, Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Regional.

Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH menjelaskan, bahwa pelaksanaan Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 lebih menitik beratkan pada keterkaitan antara data Profil Desa/Nagari dan Kelurahan dengan dokumen perencanaan dan penganggaran di Desa/Nagari dan Kelurahan. "Penilaian juga harus memperhatikan inovasi yang dilakukan dalam peningkatan ekonomi masyarakat pasca Covid-19, dan juga muatan lokal tentang bagaimana Pemerintahan Desa/Nagari dan Kelurahan dalam mewujudkan  Nagari Bersih," kata Kadis Amasrul, SH., yang didampingi oleh Kabid Pemerintahan Nagari PMD Sumbar Desrianto Boy, S.Pd.M.Si., Penggerak Swadaya Masyarakat Ir. Effi Zulfia Naros dan Retma Nency, S.STP serta Fungsional Umum Metrawati, SE.

Tahapan Penilaian Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 dibagi menjadi 3 (tiga) tahapan, yakni Tahap I Penilaian Administrasi yang sudah laksanakan dari tanggal 1-4 Juni 2022. Dari 14 Kabupaten/Kota, diperoleh sembilan Kabupaten/Kota yang masuk kriteria maju ke tahap berikutnya yaitu Tahap II berupa paparan Wali Nagari/Kepala Desa dan Lurah yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022, yang dilanjutkan pada Tahap III yaitu klarifikasi lapangan yang dilakukan dengan cara checking kebenaran data menurut bidang penilaian.

Dari penilaian yang dilakukan tersebut pada Lomba Desa/Nagari Kelurahan tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022, keluar sebagai Juara I Kategori Desa/Nagari oleh Desa Kubang Tangah Kota Sawahlunto, dan untuk Kategori Kelurahan oleh Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Keduanya berhak maju ke Tingkat Regional.

Setelah dilakukan seleksi administrasi dan paparan di hadapan Tim Juri Tingkat Regional, maka duta Sumatera Barat yaitu Desa Kubang Tangah Kota Sawahlunto dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi masuk lima besar Tingkat Regional di Kategori Desa/Nagari dan Kategori Kelurahan.

"Lima besar regional ini akan dilanjutkan dengan klarifikasi lapangan oleh Tim Penilai Pusat. Seperti sudah kami laporkan kepada Bapak Gubernur Buya Mahyeldi, harapannya mudah-mudahan kedua duta dari Sumatera Barat ini dapat menjadi yang terbaik di tingkat regional," harap Kadis Amasrul, SH. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments