Forum Anak Kota Padang Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

 

Padang, singkro.com -- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Padang mengadakan pelatihan capacity building (peningkatan kapasitas) untuk Forum Anak, sehari penuh bertempat di Bagindo Aziz Chan Youth Center, Padang, Sabtu (10/9/2022).

Peserta pelatihan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari Forum Anak Kota Padang, termasuk anggota Forum Anak yang baru hasil dari Lomba Kreatifitas Anak Sehari Menjadi Wali Kota Padang tahun 2022 yang dilaksanakan pada bulan Agustus lalu.

Plt Kadis P3AP2KB Kota Padang Alfiadi, S.Sos.MM mengatakan, pelatihan Capacity Building ini dimaksudkan untuk membekali diri Forum Anak dengan kemampuan leadership (kepemimpinan) dan sebagai agen perubahan yang efektif di lingkungan masing-masing.

Sesuai amanat UU No.17/2016 tentang Perlindungan Anak peran Forum Anak adalah sebagai 2P (Pelopor dan Pelapor) terhadap anak-anak lainnya. "Artinya, Forum Anak yang telah mendapatkan pelatihan dan pembekalan diharapkan sebagai pelopor dan mengajak anak-anak lainnya untuk hal-hal yang baik, seperti menghindari tawuran, anti bullying dan anti terhadap narkoba," kata Plt Kadis P3AP2KB Alfiadi, SE.MM lagi.

Kemudian, sebagai Pelapor sangat dibutuhkan peran Forum Anak karena berkaitan dengan percepatan pencegahan tawuran, bullying da dan narkoba. Karena itu, diperlukan kemampuan komunikasi, motivasi, problem solving, kreatifitas dan kepemimpinan.

"Karena penting dan strategisnya Forum Anak, saya harapkan organisasi ini terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Anggota Forum Anak harus terus meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuannya yang strategis dan mulia," kata Kadis P3AP2KB Alfiadi, yang didampingi Kabid Pemenuhan Hak Anak W. Teinike Yulvera, SS.MM dan Jafung PSM Yulwasmi, S.Sos.

Nara sumber dalam pelatihan Peningkatan Kapasitas ini adalah Yusrizal KW (Penggerak Literasi dan Budaya) dan Muharman, S.Pt.,M.Si (Yayasan Ruang Anak Dunia). Ikut mendampingi dan jadi moderator dalam pelatihan Ketua Forum Anak Kota Padang Mifta Sabrina.

Harapan Kabid Pemenuhan Hak Anak W. Teinike Yulvera kepada semua anggota Forum Anak Kota Padang adalah meningkatnya keterampilan menyelesaikan masalah (problem solving), dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat, meningkatnya kemampuan kepemimpinan dan pemberdayaan. Serta yang tidak kalah penting adalah jadilah agen perubahan yang efektif dan efisien di lingkungan masing-masing. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments