Mendagri Tito Pastikan Hadiri Pengukuhan DPP Gebu Minang

 

Jakarta, singkron.com -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan akan menghadiri pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) periode 2022-2027 yang dilaksanakan Minggu 18 September 2022 mendatang di Hotel Mulia, Jakarta.

Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Mendagri Dr. Jenderal (Purn) Tito Karnavian kepada Ketua Panitia Pelaksana Irjen Pol (Purn) Syafrizal Ahiar, SH.MM dan Panitia Pelaksana Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati di ruang kerja Mendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (13/9/2022) pagi.

"Insya Allah Pak Fauzi Bahar, saya akan hadir dalam Pengukuhan DPP Gebu Minang. Organisasi budaya dan sekaligus juga berdimensi ekonomi ini sangat baik untuk dimajukan bersama-sama, saya apresiasi. Salam hormat saya untuk Ketum Gebu Minang Pak Oesman Sapta ya," kata Mendagri Tito Karnavian lagi.

Pertemuan Mendagri Tito Karnavian dengan Irjen (Purn) Syafrizal Ahiar dan Dr Fauzi Bahar ini didampingi Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Pelaksana Dirjen OTODA Tossi, Kapuspen Kemendagri Benni Irwan, dan PLH Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.

Pengurus DPP Gebu Minang periode 2022-2027 yang akan dikukuhkan ini dipimpin oleh Ketua Umum Dr. Oesman Sapta Odang, Sekretaris Umum Dr. Alirman Sori, SH.MH dan Bendahara H. Fahmi, beserta pengurus lengkap lainnya. Kepengurusan ini adalah hasil Mubes Gebu Minang bulan Juli 2022 lalu di Hotel Truntum, Padang. 

Menurut Mendagri Tito Karnavian, orang Minangkabau itu ada dimana-mana, terkenal karena budaya merantau. Mereka gigih di tanah rantau, eksis secara ekonomi dan budaya. Bahkan ketika di Amerika Serikat pun, Mendagri Tito mengaku dengan mudah bisa bertemu Orang Minang.

Kata Mendagri Tito Karnavian, salah satu identitas Orang Minang yang paling mencolok adalah rumah makannya. "Saya suka makanan Minang. Ada tiga hal yang membuat saya tertarik dengan kuliner Minang, yaitu safety (halalnya), kemudian harganya yang relatif terjangkau masyarakat dan penyajiannya cepat," ungkap Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, yang juga mantan Kapolri ini.

Kedekatan Mendagri Tito Karnavian dengan Ranah Minang dibuktikan dengan anugerah gelar kehormatan adat yaitu Sutan Rajo Pagar Alam yang disandangnya. Gelar itu diserahkan oleh LKAAM Sumbar pada April 2017 lalu, semasa Kapolda Irjen Pol (Purn) Fakhrizal.

Suasana pertemuan dengan Mendagri berlangsung hangat dan penuh cerita tentang Minangkabau. Ini karena Ketua Panitia Irjen Pol (Purn) Syafrizal Ahiar juga mantan petinggi Polri dan terakhir Wagub PTIK dan dengan Ketua LKAAM Sumbar Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati adalah satu angkatan dengan Mendagri Tito Karnavian dalam Lemhanas PPSA XVII Tahun 2011.

"Kami dengan Pak Mendagri Tito Karnavian satu angkatan Lemhanas. Beliau Pak Tito adalah Ketua Umum angkatan Lemhanas PPSA XVII, saya Ketua Harian angkatan. Jadi kami selalu komunikasi," kata Dr Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati, mantan Wali Kota Padang dua periode 2004-2014. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments