Menko PMK Pimpin Pemakaman Azyumardi Azra, Tokoh Minang Hadir

 

Jakarta, Singkron.com --  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa, 20 September 2022.

Upacara pemakaman yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, digelar secara militer. Menko PMK bertindak sebagai Inspektur upacara. Jenazah dimakamkan di Blok Z Nomor 426 TMP.

Saat upacara pemakaman sejumlah tokoh hadir, seperti Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Ketum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI Asrul Sani dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Dalam kesempatan pemakaman ini, hadir pula tokoh-tokoh asal Minang sebagai daerah kelahiran Azyumardi Azra. Tampak antara lain Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafly Amar, Ketua Umum LKAAM Sumbar Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati dan Anggota DPR RI Fraksi PAN asal Sumbar Drs. Guspardi Gaus, MM.

Seusai pemakaman, Muhadjir mengaku kehilangan sosok besar dan juga sahabat dalam bidang akademik. Sebab, saat keduanya menjadi rektor, Muhadjir rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Azyumardi rektor UIN Syarif Hidayatullah, sering bertukar pikiran soal pengembangan kampus.

"Kita sangat kehilangan atas kepergian beliau, karena khazanah intelektual yang telah beliau bangun sangat bermakna bagi kemajuan bangsa ini, khususnya dalam bidang ilmu-ilmu sosial dan juga kebudayaan plus keilmuan keislaman," kata Menko PMK.

Sementara Ketua LKAAM Sumbar Dr. Fauzi Bahar menyatakan duka cita yang mendalam dari seluruh Ninik Mamak Minangkabau. Karena Alm Azyumardi Azra adalah tokoh bangsa asal Minangkabau, yang pemikirannya tidak saja menjadi rujukan nasional tetapi juga oleh internasional.

"Kami menyatakan duka cita yang sangat mendalam atas berpulangnya Bapak Azyumardi Azra, semoga Allah SWT menempatkan Alm di sorga Allah. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan menghadapi cobaan ini," kata Fauzi Bahar, mantan Wali Kota Padang dua periode ini.

Sebagai tokoh nasional, pemikiran dan karya-karya tulis dari Alm Profesor Azyumardi Azra akan tetap hidup terus dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas. "Jadi secara pemikiran dan karya, Almarhum Azyumardi Azra akan tetap hidup selamanya," kata Dr. Fauzi Bahar Dt Nan Sati lagi.

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022) siang di Pusat Jantung RS Serdang, Selangor. Azyumardi sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit tersebut di Selangor, Malaysia.

Seperti diberitakan, Azyumardi Azra, Jumat (16/9/2022) petang, mendadak terserang batuk keras, panjang, disertai sesak nafas di atas pesawat dalam penerbangan ke Malaysia.

Dari Bandara Kuala Lumpur, Azyumardi Azra langsung dilarikan ke Pusat Jantung Hospital Serdang, Selangor, Malaysia yang berjarak 35 km dari Kuala Lumpur. Di rumah sakit inilah Azyumardi Azra menghembuskan nafas terakhirnya. (Chan)

Post a Comment

0 Comments