Rakornis TMMD ke-115, Dihadiri Danrem 032/WBR dan Kadis PMD Sumbar

Padang, singkron.com -- Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH menghadiri Rakornis Nasional TMMD ke-115, yang dilakukan secara daring di Makorem, Jalan Sudirman Padang, Jum'at (30/9/2022) pagi.

Rakornis TMMD ini dipimpin langsung oleh Aster KASAD Mayjen TNI Karmin Suharna, SIP.MA yang mengecek kesiapan masing-masing daerah seluruh provinsi di Indonesia untuk melaksanakan TMMD ke-115 serentak pada tanggal 11 Oktober 2022 mendatang.

Aster KASAD juga menyingung tentang perlunya kordinasi yang maksimal jajaran TNI dengan Pemda dan stakeholder lainnya, sehingga TMMD berjalan dengan sukses. Dari Mabes TNI juga menjelaskan tentang penyelenggaraan Lomba Jurnalistik TMMD ke-115 yang harus diikuti seluruh provinsi.

Nara sumber Rakornis dari Kemendagri Tubagus Chairul Mustafa menjelaskan mekanisme penganggaran dan dukungan kegiatan Pemda yang dapat disinergikan dengan pelaksanaan TMMD di masing-masing daerah.

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto usai Rakornis dalam sambutannya mengharapkan Pemda Kabupaten/Kota dapat menganggarkan bantuan TMMD minimal Rp1 miliar. "Kalau bisa dialokasikan lebih dari Rp1 miliar, sebab Mabes TNI telah menganggarkan pula Rp500 juta untuk tiap TMMD," kata Brigjen TNI Purmanto.

Bak gayung bersambut, Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH mengatakan, bahwa Gubernur Sumbar Mahyeldi telah menyurati Bupati yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD. Gubenur meminta Bupati untuk menganggarkan dan membantu pula dengan program kegiatan di lokasi TMMD.

"Selain angggaran dari Pemda kabupaten/kota, maka Pemprov Sumbar juga mentradisikan untuk Rakor TMMD, yang tujuannya bergotong royong dengan badoncek seluruh OPD dan stakeholder. Bentuk bantuan bisa berupa dana, bibit tanaman, bibit ikan, semen atau program kegiatan," kata Kadis Amasrul, SH.

Selain Danrem dan Kadis PMD Sumbar, hadir dalam Rakornis ini di Makorem 032/Wirabraja adalah Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM., Bupati Pesisir Selatan diwakili Asisten Pemerintahan, Ketua DPRD, Ketua Bappeda dan Kadis PMD dari kedua kabupaten. Dari Dinas PMD Sumbar hadir Kabid SDA dan TTG Dinas PMD Sumbar Vera Irawati, ST.MM bersama JFT. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments