KAN Lubuk Basung Dikukuhkan, Fauzi Bahar : Jaga Marwah Ninik Mamak

Lubuk Basung, singkron.com -- Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar Dr Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati mengukuhkan sekaligus memberikan kata-kata Pati Ambalau untuk Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung periode 2022-2025, Kabupaten Agam, Sabtu (12/11/2022) pagi.

KAN Lubuk Basung yang diketuai oleh Ir. Novi Hendri, M.Si Datuak Simarajo yang terpilih dalam Musyawarah Ninik Mamak Lubuk Basung pada 22 Oktober 2022 lalu. Kemudian setelah dilakukan penyusunan pengurus, sehingga dapat dikukuhkan oleh Ketum LKAAM Sumbar.

Hadir dalam pengukuhan KAN Lubuk Basung ini tokoh nasional yaitu Anggota Komisi II DPR RI Drs. Guspardi Gaus, M.Si. Datuak Batuah, Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, SH. Datuak Parpatiah, Forkopimda Agam, Ninik Mamak dan Bundo Kanduang.

Rombongan dari Pengurus LKAAM Sumbar yang mendampingi Ketum adalah Ketua Harian LKAAM Sumbar Dr. Amril Amir Datuak Lelo Basa, Azhar Nuri Datuak Rajo Nan Putiah, dan Drs. H. M. Natsir Datuak Sampono Batuah.

Dalam sambutannya Fauzi Bahar Dt Nan Sati mengatakan, keberadaan KAN adalah untuk menegakkan adat Minangkabau, menjaga harta pusaka ulayat kaum dan ulayat nagari. Terlebih dari itu KAN adalah lembaga yang menjaga marwah Ninik Mamak.

"Tidak ada sangketo yang tidak akan berdamai, tidak ada kusut yang tidak akan selesai, tidak ada keruh yang tidak akan jernih. Itulah peran Ninik Mamak dalam nagari, yaitu menjadi penyejuk," kata Fauzi Bahar Dt Nan Sati.

Apalagi dalam kekinian, dimana sangat banyak pengaruh teknologi, narkoba dan budaya barat, maka dipundak Ninik Mamak terletak peran untuk mengawasi anak kemenakan agar selamat dari pengaruh negatif itu.

"Kalau diibaratkan narkoba itu sebagai singa maka kondisinya saat ini singa lapar itu sedang mengintai anak kemenakan kita. Mari kita jaga dan awasi agar terhindar dari pengaruh jahat narkoba," ujar Fauzi Bahar Dt Nan Sati, yang juga pengajar di Universitas Pertahanan Jakarta.

Harapan yang sama juga diharapkan oleh Wakil Bupati Agam Irwan Fikri Datuak Datuak Perpatiah, dimana KAN akan sangat membantu pemerintah, terutama dalam masalah adat istiadat dan harta pusaka. Pemerintah tidak akan mampu menjangkau hal-hal itu secara baik tanpa bantuan KAN di nagari-nagari.

"Jadi peranan KAN adalah menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di nagari, terutama adat istiadat dan harta pusaka. Jangan sampai ada pula KAN yang diselesaikan karena dualisme dan lain sebagainya," kata Wabup Irwan Fikri. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments