Dihadiri Bupati Solok Epiyardi Asda dan Waketum LKAAM Sumbar Dt. Kayo, Pengurus KAN Selayo Dikukuhkan

Solok, singkron.com -- Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Selayo periode 2022-2027, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok yang diketuai oleh H. Doni Indra, SH.LLM Datuak Rajo Diaceh, secara resmi dikukuhkan dalam sebuah upacara adat pada hari Sabtu (17/12/2022).

Hadir dalam pengukuhan ini Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar Datuak Sutan Majo Indo, Wakil Ketua Umum LKAAM Sumbar Drs. Reflidon Dt. Kayo dan Dewan Pengawas LKAAM JJ, SH.MH Dt Pintu Langik, Wakil Ketua DPRD Kab Solok Ivoni Munir Dt. Panduko Sati, tokoh masyarakat Selayo Aurizal Dt. Panduko, Anggota DPRD Kab Solok Sutan Bahri, Kepala OPD Pemkab Solok, Camat Kubung dan Wali Nagari.

Bupati Solok Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Indo menyampaikan selamat atas terpilihnya Doni Indra Dt. Rajo Diaceh, dan diharapkan dapat sukses dalam memimpin KAN Selayo untuk lima tahun kedepan.

Sesuai dengan fungsinya, KAN yang merupakan organisasi ninik mamak urang apek jinih jo urang jinih nan ampek sarato urang nan bajinih, tentu akan menjaga sako dan pusako salingka nagari. KAN adalah lembaga mitra pemerintahan nagari di bidang adat dan KAN adalah lembaga yang berwenang untuk menyelesaikan jika terjadi sengketa adat.

Sementara itu Wakil Ketua Umum LKAAM Sumbar Drs. Reflidon Dt. Kayo dalam sambutannya mengatakan, bahwa pengukuhan KAN Selayo ini adalah bagian dari menegakkan adat salingka nagari, sekaligus menjaga marwah Ninik Mamak.

Menurut Reflidon Dt Kayo yang juga Sekum LKAAM Kabupaten Solok ini, terpilihnya H. Doni Indra Datuak Rajo Diaceh merupakan Ninik Mamak yang memiliki kapasitas, sesuai alua jo patuik. Karena itu kepemimpinan Doni Indra diharapkan akan sukses memimpin KAN Selayo.

"Jika ada perbedaan pendapat dan sengketa dalam adat maka kami yakin Ketua Doni Indra Dt Rajo Diaceh mampu menyelesaikan. Pola penyelesaian sengketa adat merujuk kepada adat salingka nagari, kalau Selayo putuih di pangka, putuih dek talatak dan putuih dek damai," kata Reflidon Dt Kayo.

Ketua KAN Selayo H. Doni Indra Dt Rajo Diaceh menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak atas pengukuhan KAN Selayo, terutama dari Pucuk Undang Bupati Solok Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Indo dan Ketum LKAAM Sumbar Dr Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati yang disampaikan melalui Waketum Reflidon Dt. Kayo.

"Insya Allah kami akan menjalankan amanah menjadi Pengurus KAN Selayo ini, dan tentu akan menjaniahkan yang karuah dan menyalasaikan yang kusuik sesuai harapan Ninik Mamak," kata Doni Indra Dt Rajo Diaceh. (Chsn*)

Post a Comment

0 Comments