Ketum LKAAM Sumbar Hadiri Pelantikan 233 Bintara di SPN Padang Besi

Padang, singkron.com -- Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati menghadiri pelantikan 233 orang Bintara Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi, Rabu (21/12/2022) pagi.

Bintara ini telah menyelesaikan Diktukba (Pendidikan Pembentukan Bintara) Polri, dan langsung dilakukan pelantikan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono ditandai dengan melepas tanda pangkat siswa dan pemasangan tanda pangkat efektif Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Dengan pelantikan 233 Bintara Polri ini, kata Kapolda, akan menambah jumlah personil polisi, sehingga bertambah luas penyebaran pelayanan publik di bidang Kamtibmas dan tentunya diharapkan makin dirasakan oleh masyarakat.

"Mulai hari ini pada diri Saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan serta tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara. Karenanya dituntut tutur kata, sikap dan perilaku yang baik dalam dinas maupun di luar dinas," kata Irjen Pol Suharyono mengingatkan Bintara Polri yang baru dilantik.

Sementara Ketum LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Datuak Nan Sati yang diminta tanggapannya usai acara, berharap Bintara Polri ini juga memahami adat Minangkabau secara baik, sehingga sangat membantu dalam bertugas sebagai polisi dan memperlakukan anak kemenakan Minangkabau.

"Adik-adik Bintara yang baru dilantik adalah cerminan dari wajah Polri. Jadilah Polri yang memenuhi harapan masyarakat, Polri yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum dan keadilan serta menghormati hak asasi manusia," kata Dr Fauzi Bahar Dt Nan Sati yang didampingi dua Pengurus LKAAM Sumbar yaitu Arfa Dt. Tumangguang dan Misral Dt. Rajo Batuah.

Sebelum pelantikan Bintara Polri ini, yaitu pada Rabu (14/12/2022) lalu dilakukan pembekalan tentang Adat Minangkabau oleh Pengurus LKAAM Sumbar kepada para Bintara. Pada saat itu terjadi tanya jawab yang hangat, membuktikan bahwa pengetahuan tentang Adat Minangkabau cukup diminati oleh para Bintara Polri. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments