LKAAM Pasbar Dilantik, Fauzi Bahar : Ninik Mamak Berperan dalam Restorative Justice

Simpang Empat ,singkron.com --pasananKetua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Dt Nan Sati melantik H Baharuddin R. Tuo Malin sebagai Ketua LKAAM Kabupaten Pasaman Barat beserta pengurus LKAAM Pasbar periode 2022-2027, Kamis (5/1/2023) di Aula Kantor Bupati Pasbar di Simpang Empat.

Pelantikan disaksikan Bupati Pasbar Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Kadis Kebudayaan Sumbar Drs Syaifullah, MM., Ketua DPRD Pasbar Erianto, Ketua LKAAM se-Sumbar, KAN se-Pasbar, Kepala OPD, Forkopimda, Bundo Kanduang dan stakeholder terkait lainnya.

Ketum LKAAM Fauzi Bahar DT Nan Sati yakin dibawah kepemimpinan Ketua LKAAM Pasbar H Baharuddin R Tuo Malin berserta jajaran, ‘Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’ akan berjalan dengan baik, untuk membina dan mengawasi anak kamanakan dari berbagai pengaruh negatif lainnya seperti narkoba dan LGBT.

“Pak Bahar ini dari polisi berpangkat Bharada hingga mencapai Letkol, beliau adalah sosok yang luar biasa. Kita berharap LKAAM Pasbar bisa maju ditangan beliau,” harap Fauzi Bahar.

Ia menyebutkan, niniak mamak memiliki peran strategis dalam membina anak kamanakan dimasa depan. Apalagi Kapolri sudah mencanangkan Restorasi Justice (penyelesaian perkara hukum diluar pengadilan). “Misalnya pencurian antara anak kamanakan di kampung, niniak mamak berperan menyelesaikannya, dan tidak harus sampai ke persidangan, cukup diselesaikan sampai kantor polisi atau jaksa,” katanya.

Sementara itu, Bupati Hamsuardi menjelaskan bahwa Pemkab Pasbar akan memiliki perhatian penuh terhadap LKAAM Pasbar dan niniak mamak.

“Program unggulan kita adalah magrib mengaji dan tahfidz Al-Qur’an. Untuk itu sangat sejalan dengan LKAAM Pasbar Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” kata Hamsuardi.

Ia juga menjelaskan bahwa pemekaran nagari di Pasbar tidak akan merubah adat di Kabupaten Pasaman Barat. “Untuk itu, saya mohon dukungan dari LKAAM dalam menjalankan program membina generasi muda,” katanya.

Selain itu, Kadis Kebudayaan Sumbar Syaifullah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelantikan LKAAM Pasbar yang cukup meriah dan bersemangat.

“Saya berharap agar budaya terus dilestarikan di Pasaman Barat, dengan mendaftakan potensi budaya, situs di daerah ke kementerian atau ke Dinas Kebudayaan Sumbar,” katanya.

Ketua LKAAM Pasbar H Baharuddin R Tuo Malin setelah dilantik menyampaikan bahwa dirinya bersama pengurus LKAAM akan bersinergi dengan Pemkab Pasbar dan bertekad memajukan adat di Pasaman Barat.

“Kita bertekad memajukan adat di Pasaman Barat dengan membuat hal- hal positif sehingga generasi muda bisa terhindar dari narkoba, LGBT dan kenakalan remaja lainnya,” katanya.

Ia juga meminta dukungan Pemkab Pasbar untuk membangun rumah adat Pasbar sebagai bukti perhatian Pemkab Pasbar terhadap kaum adat.

Adapun pengurus LKAAM Pasbar yang dilantik adalah Ketua H Baharuddin R Tuo Malin, Sekretaris H Anwir SH Dt Bandaro, Bendahara Edy Warman Dt Rajo Alam. Dewan Pertimbangan TK Jailani Yang Dipertuan Parik Batu, Wakil Sekretaris H Tuanku Asrul Yang Dipertuan Kinali, Sekretaris Mailizar Dt Rajo Sampono.

Ketua Harian Khaidir Dt St Kabasaran. Wakil Ketua I Ednarsyah Rangkayo Bungo Tanjuang Waka II H Dawar Majo Garang, Waka III Syamsuardi St Lauk Api, Waka IV Nefrahadi Tuanku Sambah.

Ketua Bidang Organisasi Kewarisan dan Keanggotaan Kasiman Majo Batuah, Ketua Bidang Penyelesaian Sangketa Sako dan Pusako dan ABSSBK Muslim Rajo Magek. Ketua Bidang Pemberdayaan Tanah Ulayat / Aset Nagari Tk M Arif Dt Majo Basa. Bidang Advokasi dan Hukum Asnirizal diketuai Dt Rangkayo Mulia, Bidang Pembinaan Adat dan Syara diketuai Nofriado K Imam Rajo, Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Anggota diketuai H Kusnadi Dt Rajo Batuah, Bidang Pemuda dan Seni Permainan Anak Nagari diketuai Doni Wandra Dubalang Sinaro, Bidang Pemerintahan Nagari dan KAN diketuai Syafril Sutan Ameh, Bidang Humas, Informasi dan Publikasi, diketuai M Junir Sutan Rajo Ameh serta anggota Irfan St Pangeran dan Afdal Adian.

Di penghujung kegiatan pelantikan, diakhiri dengan makan bajamba di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments