Keindahan Alam Mentawai, Eksotisnya Pesona Pulaunya untuk Destinasi Liburan

Singkron.com, Mentawai -- Kepulauan Mentawai merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di bagian barat, Provinsi Sumatera Barat.

Pulau ini menyimpan banyak pesona yang membuat kita harus memasukkannya ke bucket list untuk destinasi liburan. Selain terkenal dengan keunikan budaya yang masih terjaga, Mentawai mempunyai pesona pantai yang eksotis dan ombak-ombaknya yang  cantik. Posisinya yang langsung menghadap Samudera Hindia membuat kepulauan ini memiliki ombak besar yang konsisten sehingga menjadikannya  surga bagi para Perselancar dunia dan masuk jajaran Ombak terbaik dunia.

Kalau kita berwisata ke pulau Mentawai, ada beberapa pilihan tempat wisata pantai yang menarik yang mudah dijangkau dari Tuapejat. Tuapejat adalah ibukota  Kabupayen Kepulauan Mentawai.

1.  Pantai Jati - Pantai jati berada 700 meter dari Dermaga Tua Pejat , dengan berjalan kaki kita dapat menikmati  wisata pantai Jati. Pantai Jati juga merupakan tempat wisata bagi masyarakat setempat. Sore hari banyak warga yang memanfaatkan pantai ini sebagai lokasi bersantai-santai. Serta tempat bermain bagi anak- anak serta mandi air laut. 

2. Pantai Mapadeggat - Pantai Mapadeggat berjarak sekitar 5 kilometer dari Dermaga Tuapejat. Pantai ini merupakan salah satu spot untuk berselancar, pantai ini terkenal dengan ombaknya yang bulat dan panjang seperti teleskop. Tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari manca negara. Untuk sampai ke Pantai Mapadeggat  dapat menggunakan ojek atau menyewa motor (harga sewa motor Rp.100.000 perhari.

3. Pulau Aloita - Pulau Aloita terkenal dengan pantai yang indah serta  air lautnya yang berwarna biru, sangat menggoda sekali.  Untuk dapat mengunjungi Pulau Aloita, wisatawan harus menyewa boat milik nelayan disekitar Dermaga Tuapejat. Harga sewa berkisar Rp.700.000,-/hari). Perjalanan hanya Memakan waktu 15 menit dari Dermaga Tuapejat, wisatawan disambut hamparan pasir putih yang indah berkilauan. Disini wisatawan dapat berenang  dan berselancar. Pulau Aloita merupakan pulau andalan parwisata Kepulauan Mentawai karena dipulau ini terdapat resort berkelas yaitu Aloita Resort. Jadi kalau ingin menikmati Pesona Pulau Aloita lebih lama kita dapat menyewa fasilitas di Aloita Resort. Dan perlu diingat, resort ini mempunyai kamar terbatas sehingga pengunjung yang ingin menginap harus memesan satu bulan sebelumnya atau jauh hari sebelum kita hentak pergi kesini.

4. Pulau Awera - Pulau Awera berada tidak jauh dari Pulau Aloita, namun kita tetap harus menggunakan boat untuk menuju Pulau ini. Pulau Awera mempunyai pantai dengan air biru kehijauan serta mempunyai banyak trumbu karang. Pantai di Pulau Awera mempunyai air yang tenang sehingga cocok untuk snorkeling dan diving. Dipulau ini tersedia Resort Awera dan juga resort-resort kecil yang disediakan penduduk disekitar dipulau.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung Ke Kepulauan Mentawai  sebaiknya mengetahui waktu yang tempat. Untuk dapat berselancar sebaiknya wisatawan datang pada bulan April cuaca yang ceria serta hembusan gelombang ombak yang bagus untuk kita nikmati, cuaca yang bagus ini bisa sampai bulan September. Karena dibulan  September ombak di Kepulauan Mentawai sampai pada puncaknya.


Tim.liputan Charles

Post a Comment

0 Comments