Wirid Mingguan di Dinas PMD, Temanya Tiga Anjuran Amalan dalam Islam

Padang, singkron.com -- Wirid mingguan yang dilaksanakan rutin di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, pada Jum'at (24/2/2023) menghadirkan Ustadz Shadam Hakki Lubis, MA sebagai penceramah. Tema yang disampaikan adalah tiga anjuran amalan dalam Islam.

Seluruh ASN Dinas PMD Sumbar hadir dalam wirid mingguan yang dilaksanakan di Lantai 2 Dinas PMD ini, termasuk Kabid, Kasi dan Jafung. Kadis PMD Sumbar diwakili oleh Sekretaris Dinas H. Amriman, S.Pd.,MM. 

Menurut Ustadz Shadam, ada tiga anjuran amalan dalam Islam yang sangat tinggi pahalanya. Ini disampaikan Allah SWT dalam Surat Al Araf ayat 199, yaitu memberi maaf kepada orang yang telah menyakiti hati, mengajak orang lain untuk beramal saleh dan pandai-pandailah dalam memilih teman.

Memaafkan orang lain adalah cara untuk mensucikan hati dan Allah SWT menjanjikan untuk meninggikan derajatnya. "Seseorang yang memberi maaf kepada orang yang menzolimi karena mencari keridhoan Allah SWT, maka Allah SWT akan meninggikan derajat pada hari kiamat," kata Ustad Shadam Hakki Lubis.

Selain meninggikan derajat di hari kiamat, orang-orang yang memaafkan dimuliakan oleh Allah SWT, dijanjikan surga seluas langit dan bumi, diampuni dosanya, diberikan hati yang bersih dan selalu mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Amalan kedua adalah mengajak orang lain untuk beramal saleh. Dilakukan dengan ikhlas, dan tidak ada rasa iri atau cemburu kepada orang lain yang mendapatkan nikmat lebih banyak dari Allah SWT.

Amalan ketiga adalah pandai-pandai dalam memilih teman, dan cerdas dalam berkawan. Allah SWT menghendaki hamba-Nya berteman dengan landasan iman dan taqwa, sehingga dapat membawa seseorang ke jalan yang benar.

Sementara itu Sekretaris Dinas PMD Sumbar Amriman, S.Pd.,MM mengatakan, tausiyah yang disampaikan Ustadz Shadam hendaknya dapat diamalkan dalam aktifitas sehari-hari, sehingga masing-masing orang yang mengamalkan mendapatkan pahala. 

Wirid mingguan Dinas PMD Sumbar pada Jum'at ini diikuti 35 orang dari 52 ASN. Mereka yang tidak hadir karena sakit, izin, dinas luar dan tidak ada keterangan. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments