Datuak Bagindo Mole Dikukuhkan Jadi Ketua KAN Taratak Sungai Lundang

Pesisir Selatan, singkron.com -- Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pesisir Selatan Drs Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah mengukuhkan Rasyidin, S.Pd. Datuak Bagindo Mole sebagai Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Taratak Sungai Lundang periode 2023-2028, Kec. Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Minggu (19/3/2023).

Rasyidin Datuak Bagindo Mole, yang sehari-hari adalah seorang pendidik ini, terpilih sebagai Ketua dalam Rapat KAN pada 14 Maret 2023 lalu, menggantikan Ketua periode sebelumnya yang juga seorang pendidik yaitu Syahrul Datuak Putiah.

Prosesi pelantikan Datuak Bagindo Mole dilakukan dengan simbolis penyerahan Pataka KAN Taratak Sungai Lundang oleh Ketua LKAAM Pessel Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, untuk dikibarkan dalam wilayah Nagari Taratak Sungai Lundang dan Nagari Kampuang Baru Korong Nan Ampek (KBKA). 

"Semoga kepemimpinan Datuak Bagindo Mole dapat menjadi membawa KAN Taratak Sungai Lundang sebagai benteng adat, penjaga sako dan pusako, kusuik yang akan menyelesaikan dan keruh yang akan menjernihkan," pesan Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah.

Kehadiran KAN menjadi mitra yang penting bagi pemerintahan nagari khususnya di bidang adat. Keduanya tidak saling mencampuri, tetapi sesungguhnya kedua lembaga ini akan saling menguatkan.

Fungsi LKAAM Kabupaten dan LKAAM Kecamatan tidaklah menjadi atasan dari KAN, tetapi fungsi kordinasi dan fasilitasi jika terjadi masalah adat, sako dan pusako. "Kalau masalah-masalah adat yang tidak selesai di tingkat KAN atau nagari, maka LKAAM menjadi fasilitasi untuk penyelesaiannya," kata Syafrizal Ucok, mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan 2005-2010 ini.  

Hadir dalam pengukuhan Ketua KAN ini Ketua LKAAM Kecamatan Koto XI Tarusan H. Akmal Datuak Batuah Nan Kayo, Wali Nagari Taratak Sungai Lundang Hadis Hermanto, Wali Nagari Kampung Baru Koto Nan Ampek Nazaruddin, Babinsa Arman, Ninik Mamak, Alim Ulama dan Bundo Kanduang. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments