Silaturrahmi Jelang Puasa, Syafrizal Ucok : Mohon Dukungan Ninik Mamak Kapuah

Pesisir Selatan, singkron.com -- Ninik Mamak Nagari Kapuah, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, bertekad mengantarkan Ketua LKAAM Pessel Drs. Syafrizal Ucok MM Datuak Nan Batuah ke DPRD Provinsi Sumbar dalam Pemilu legislatif tahun 2024 mendatang.

Dalam acara silaturrahmi menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H hari Rabu (15/3/2023) malam, Ninik Mamak Nagari Kapuah dan sekitarnya, mengungkapkan terus terang, bahwa sangat diharapkan adanya tokoh adat dalam legislatif DPRD Sumbar tahun 2024, supaya lima tahun kedepannya ada perhatian yang lebih kepada lembaga adat, seperti KAN dan LKAAM.

"Kami mendukung Pak Syafrizal Ucok menjadi Anggota DPRD Sumbar karena beliau orang adat, tentunya nanti akan ada perhatian yang lebih kepada KAN  dan LKAAM kecamatan, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan," kata Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kapuah Asli Lem Datuak Rajo Johan.

Selama ini masing-masing KAN rata-rata hanya mendapatkan Rp2,5 hingga Rp5 juta setiap tahunnya dari Dana Desa. Jumlah itu sangat sedikit untuk kebutuhan organisasi, sehingga rata-rata KAN di hampir seluruh nagari tidak dapat melaksanakan program untuk penguatan adat dan pelestarian adat. 

Senada dengan Asli Lem Datuak Rajo Johan, dukungan Ninik Mamak ini juga disampaikan oleh Datuak Rajo Kaciak dan Mawardi Datuak Rajo Bandaro, yang mengharapkan Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah memperjuangkan aspirasi masyarakat Pesisir Selatan di DPRD Sumbar nantinya.

"Kita di Pesisir Selatan masih membutuhkan pembangunan infrastruktur, seperti normalisasi sungai-sungai yang ada, seperti Batang Tarusan, Batang Bayang, Batang Tapan,  Batang Panamban dan lain-lain. Jika tidak ada normalisasi maka banjir selalu mengancam pada musim hujan. Mudah-mudahan masyarakat Pesisir Selatan bersama-sama mendukung Syafrizal Ucok menjadi anggota DPRD Sumbar," kata Mawardi Datuak Rajo Bandaro yang mengharapkan masyarakat Pessel bersama-sama ikut mendukung.

Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengaku terharu dan suprise mendapat dukungan dari Ninik Mamak Nagari Kapuah. Baginya dukungan ini merupakan energi untuk terus menyapa masyarakat dalam masa sosialisasi ini.

"Insya Allah aspirasi masyarakat Pessel akan kami perjuangkan nanti, terutama bantuan untuk lembaga adat seperti KAN dan LKAAM, serta perjuangan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pesisir Selatan," kata Syafrizal Ucok, mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2005-2010.

Pada Pemilu tahun 2024 mendatang, Syafrizal Ucok akan menjadi Caleg DPRD Sumbar dari Dapil Kabupaten Pesisir Selatan dan Kepulauan Mentawai, yang diusung oleh Partai Golkar. "Kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat Pessel dan Mentawai, sehingga kami dapat meneruskan pengabdian kepada masyarakat," kata Syafrizal Ucok, yang sehari-hari adalah Ketua KAN Painan. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments