Ustadz Harwan Kasri di Dinas PMD: Amalan Terbaik di Bulan Suci Ramadhan

Padang, singkron.com -- Umat Islam hendaknya berlomba-lomba melakukan amalan terbaik di bulan suci Ramadhan ini, karena Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda, jauh lebih tinggi pahalanya dibandingkan amalan tersebut dilaksanakan pada hari-hari biasa.

Demikian disampaikan oleh Ustadz Harwan Kasri, M.Pd dalam tausiyahnya pada Wirid Mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Jalan Pramuka Padang, Jum'at (24/3/2023).

Menurut salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, disebutkan; "Barangsiapa pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang melakukan  perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barangsiapa melakukan kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan ".

Menurut Ustadz Harwan Kasri, adapun amalan-amalan yang penting dilakukan di bulan Ramadhan yaitu melaksanakan puasa dengan penuh iman dan taqwa. Kemudian shalat berjamaah full lima waktu dan shalat sunat.

Amalan lain yang dianjurkan adalah tilawah Al-Qur'an, kemudian berwakaf Al-Qur'an, memperbanyak berinfaq dan bersedekah. Kata Ustadz Harwan Kasri, jika amalan itu dilakukan bertepatan pada malam Lailatul Qadar, maka pahalanya dijanjikan Allah SWT lebih baik dari seribu bulan.

"Oleh karena pahala yang berlipat ganda dijanjikan Allah SWT itu, marilah kita memperbanyak amalan pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini. Semoga kita semua menjadi orang yang bertaqwa," kata Harwan Kasri.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH mengingatkan agar butir-butir tausiyah yang disampaikan ustad hendaknya menjadi pedoman dan diamalkan oleh Keluarga Besar DPMD dalam kehidupan sehari-hari, terutamanya di bulan suci Ramadhan 1444 H ini.

"Saya berharap setelah Ramadhan makin meningkat ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dan kinerja kita sebagai abdi negara juga meningkat," kata Amasrul, SH., mantan Sekda Kota Padang ini.

Harapan Kadis Amasrul adalah, karena pada bulan Ramadhan anak-anak kita mengikuti Pesantren Ramadhan, maka sebagai orangtua mari ikut serta mengawal anak kita mengikuti penyelenggaraan Pesantren Ramadhan tersebut. 

Dalam Wirid Mingguan Dinas PMD Sumbar ini diikuti Kadis, Sekretaris Dinas Amriman, S.Pd.MM., seluruh Kabid, Kasubag, Jafung dan staf. Dari 51 ASN, yang hadir hanya 42 orang. Sisanya izin, dinas luar, sakit dan tanpa keterangan. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments