Kisah Sukses Yudi Arif Bangun Baqara Farm Prinsip Syariah, Peternakan Sapi Qurban Bebas Virus PMK


singkron.com - Jakarta, Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan proporsi pemuda yang bekerja di sektor pertanian terus menurun dalam satu dekade terakhir. 
Pada 2011, tercatat ada 29,18 persen pemuda yang bekerja di sektor ini. Angkanya merosot menjadi sebesar 19,18 persen pada 2021. Anak-anak muda milenial saat ini lebih banyak memilih bekerja di bidang industri kreatif seperti konten kreator, profesional teknologi informasi (TI) hingga perusahaan start up yang menjanjikan gaji tinggi.

Namun tidak semua anak muda milenial mengikuti arus besar untuk bekerja di bidang TI yang menawarkan kenyamanan dan kemewahan.
 Masih ada sejumlah anak muda anti mainstream yang rela berjemur di bawah terik matahari dengan menekuni profesi petani.
 
Yudi Arif Pemilik Baqarah Farm, Berbagi Kisah Sukses

Yudi Menceritakan, Awalnya "Mendirikan usaha Baqara Farm berawal dari keinginan untuk membuat peternakan sapi yang mengutamakan prinsip syariah dan keberkahan dalam bermuamalah sehingga dapat memasok kebutuhan daging yang sehat, halal dan berkualitas untuk masyarakat Indonesia."

Ternyata usaha rintisannya berhasil, "Alhamdulillah berkat dukungan dari semua elemen yang membantu Baqara Farm, pada awalnya populasi sapi di kandang saat 2013 hanya sekitar 200 ekor. Kata Yudi

Pada tahun 2023 ini maksimal kandang dapat terisi sebanyak 850 ekor sapi untuk digemukkan." Tambahnya


Selanjutnya, Di tengah banyaknya pesaing, langkah apa yang dilakukan Baqara Farm untuk dilirik pasar,  "Langkah yang dilakukan untuk menarik konsumen yaitu Baqara Farm menggunakan prinsip syariah dimana penjualan maupun pembelian dikerjakan sesuai dengan syariah, kemudian dari segi kualitas sapi sendiri kita dapat menjaga kualitas sapi dengan cara pemeliharaan sapi yang sesuai kaidah kesehatan hewan dan pemberian pakan organik dan tanpa menggunakan hormon.” Kata Yudi 

Baqara Farm Hadir di Acara pameran Jakcloth 2023,  kembali digelar di Jakarta, kali ini bertepatan dengan bulan Ramadan.

Jakcloth 2023 dan even muslim market Indonesia diadakan di Hall B JCC Senayan, mulai 5 April hingga 11 April mendatang.

Kehadiran Baqara Farm bagian dari awareness dimana Salah satu pesan visi Baqarah Farm  adalah "Kami ingin masyarakat tahu bahwa saat ini terdapat peternakan sapi potong yang bergerak mengikuti prinsip syariah dimana kami melakukan pemeliharaan dengan kaidah kesehatan hewan yang baik menggunakan pakan dari herbal,organik,dan tanpa menggunakan hormone pertumbuhan dan melakukan sistem jual-beli yang halal dan aman." Katanya

*Inovasi  apa yang pernah lakukan oleh di Baqara Farm*  "saat ini kami menjual sapi saat panen dengan cara ditimbang dan dapat disaksikan oleh konsumen dan konsumen membayar sapi senilai dengan timbangannya. Katanya

Hal ini dilakukan karena prinsip syariah yang Baqara Farm gunakan supaya tidak ada yang dirugikan pada kedua belah pihak.

 "Selain ini juga, Baqara Farm mendapat kepercayaan konsumen yang baik khususnya tahun 2022 dimana di Baqara Farm 0% terjangkit virus PMK."Pungkasnya

Even pamren ini sangat rami dan Ada lebih dari 350 merek pakaian yang ikut pameran ini, dengan menawarkan diskon hingga 90 persen.
Harga tiketnya sebesar Rp25.000, bisa dibeli di lokasi atau lewat Tokopedia.
Jika tiba waktunya buka puasa, jangan khawatir. Karena tempat khusus di area pameran yang dipenuhi booth makanan dan minuman.

Acara Jakcloth Ramadan 2023 ini sebelumnya dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki.(har)

 

Post a Comment

0 Comments