Inovasi Oven Portabel Berbahan Bakar Oli Bekas Dinilai Tim Kementerian Desa PDTT


Pasaman, sinkron.com --  Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional tahun 2023 Kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan diwakili oleh "Alat Oven Serba Guna Portabel Berbahan Bakar Oli Bekas" milik inovator Yuhandi, A.Md dari Kabupaten Pasaman, maju ke nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat. 

Pelaksanaan Penilaian Lomba TTG tingkat nasional ini melalui media zoom meetting oleh Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia. Untuk pemaparan lomba ini dipusatkan di Ruang Rapat Khusus Bupati Pasaman di Lubuk Sikaping, Jum'at (26/5/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Benny Utama yang menyampaikan, pada saat ini oven banyak digunakan masyarakat sebagai alat pengering pengganti sinar matahari (pengering konvensional). Hal ini disebabkan karena pengeringan menggunakan matahari sangat bergantung pada cuaca. Selain itu produk yang dihasilkan tidak higienis karena bahan yang dikeringkan tidak tertutup ruang isolasi sehingga dengan mudah mikro organisme atau zat pencemar lainnya masuk ke dalam bahan yang dikeringkan.

Dengan inovasi dari Yuhandi ini maka oven adalah berupa ruang termal terisolasi yang dapat digunakan sebagai pengering dalam skala kecil. Proses pengeringan atau yang dinamakan humidifikasi adalah proses pemindahan atau pengeluaran kandungan air bahan hingga mencapai kurang dari kandungan air sebelumnya. 

Pengeringan biasanya bertujuan untuk  memperpanjang umur simpan makanan/produk pertanian, mencegah pertumbuhan mikro organisme pembusuk dan meminimalkan biaya distribusi karena berat dan ukuran makanan/produk pertanian akan menjadi lebih ringan.

"Saya berharap inovasi Yuhandi dari Kabupaten Pasaman ini akan bersaing di tingkat nasional dan akan mempersembahkan juara untuk daerah kita Provinsi Sumatera Barat, Insya Allah," kata Bupati Benny Utama.

Harapan senada juga diungkapkan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar yang diwakili Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM. yang berharap utusan Provinsi Sumbar ini dapat mengharumkan nama daerah di tingkat nasional, seperti halnya lomba-lomba lain di Kementerian Desa PDTT Transmigrasi.

"Inovasi diri Yuhandi telah menjadi juara tingkat Provinsi Sumbar dan hasil inovasinya sudah dimanfaatkan oleh masyarakat lingkungannya. Karena yakin akan manfaat dan inovasinya ini maka kita harapkan inovasi dari Yuhandi ini akan menjadi juara di tingkat nasional," kata Vera Irawati optimis.

Kabupaten Pasaman terpilih menjadi salah satu utusan Provinsi Sumatera Barat untuk Gelar Inovasi Teknologi Tepat Guna Nusantara (GITTGN) Tahun 2023 untuk Kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna Unggulan bersama-sama dengan nominator lainnya yaitu Kabupaten Tanah Datar untuk Kategori Posyantek dan Kota Payakumbuh untuk Kategori Teknologi Tepat Guna. (Chan*)

Post a Comment

0 Comments